Ekonomi & Bisnis

Honda Jazz Discontinue, City Hatchback “Mengaspal” di Sultra

Sales Counter PT Cahaya Gratia Pratama Kendari, Wa Ode Irma Damayanti berpose di samping Honda City Hatchback, beberapa waktu lalu.

KENDARINEWS.COM–PT Honda Prospect Motor (HPM) resmi memperkenal­kan Honda City Hatchback pada Maret 2021. Produk terbaru yang menggantikan Honda Jazz itu telah hadir di Sulawesi Tenggara (Sultra). Sejak awal April, Honda City Hatcback telah mengaspal di Sultra.

“Kita sudah delivery ke beberapa pelanggan. Antu­sias konsumen cukup bagus. Mereka senang karena City Hatchback model terbaru pengganti Jazz yang sudah discontinue (tidak diproduksi lagi). Jazz adalah salah satu mobil legend di Indonesia. Jadi, penggemar Jazz pindah ke City Hatchback,” ujar Sales Counter PT Cahaya Gratia Pratama Kendari, Wa Ode Irma Damayanti, kemarin.

Dijelaskan, Honda City Hatchback hanya ditawarkan dalam satu varian, yaitu RS atau Road Saling. Meskipun karakter Honda City Hatch­back sama dengan Jazz, na­mun mobil ini mengusung berbagai fitur baru yang menarik. Misalnya, fitur kes­elamatan Honda City Hatch­back RS telah mengusung 6 buah airbag, dan struktur rangka G-CON + ACE.
Sistem keamanannya juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda yang meliputi Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer, dan Alarm System. Selain itu, City Hatchback RS juga me­miliki fitur menyalakan mesin dan AC hanya dengan me­mencet tombol di remote.

“AC nya menggunakan sis­tem digital analog sama den­gan Honda Civic,” imbuhnya.
Fitur keselamatan Honda City Hatchback RS lainnya adalah brake override sys­tem, yaitu sebuah sistem keselamatan pada pedal gas dan rem mobil. Sistem ini didesain untuk mendeteksi kondisi abnormal pada pedal seperti malfungsi pedal gas atau pedal gas tertekan karpet. Kejadian seperti ini berpotensi menyebabkan mobil tidak terkontrol dan mengalami ke­celakaan.

Di kabinnya, terdapat pan­el instrumen sporty dengan head unit 8 inci yang bisa terkoneksi dengan smart­phone. Sistem audionya dilengkapi dengan 8 buah speaker yang ada pada bagian depan dan belakang kabin. Fitur canggih lainnya yaitu Multi-Angle Rear View Cam­era, yang membantu pemilik mobil saat memarkir mo­bilnya. Fitur kekinian lain juga disematkan, seperti One Push Ignition System, Cruise Con­trol, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch dengan Voice Recognition.

“Yang membedakan den­gan Jazz juga adalah kapasitas kabinnya yang lebih luas. Bodi Honda City Hatchback lebih panjang. Tampilan depannya mirip Honda Civic. Bagasinya cukup lega,” terangnya.
Untuk eksterior, penampi­lan Honda City Hatchback kental dengan nuansa sporty. Eksteriornya menerapkan cutting edge design dengan garis karakter yang kuat. Lampu utamanya tampak modern dengan headlamp full LED yang dilengkapi LED DRL, LED Fog light, serta lampu belakang dengan LED light bars. 

Soal performa, Honda City Hatchback RS mengandalkan mesin baru, 4-silinder 1.500 cc DOHC i-VTEC+DBW yang lebih irit. Tersedia pula ECON Mode untuk berkendara yang lebih hemat bahan bakar. Mode pelipatan Ultra Seat-nya bervariasi. Ketika jok ba­ris belakang terlipat ke depan, langsung rata dengan lantai bagasi. Ini sangat memu­dahkan pemilik membawa barang besar dan panjang ke dalam kabin.

Saat ini, Honda city Hatch­back tersedia dalam 6 var­ian warna yakni Rallye Red, Phoenix Orange Pearl, Plati­num White Pearl, Lunar Silver Metallic, Meteoroid Grey Me­tallic, dan Crystal Black Pearl.
“Harga saat ini setelah po­tong PPnBM, yaitu Rp 295 juta untuk manual dan Rp 305 juta untuk matic,” tutup Irma. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top