Ekonomi & Bisnis

HIPTI Siap Berkolaborasi untuk Pembangunan Daerah

KENDARINEWS.COM — Dewan Pengawas Himpunan Pengusaha Tolaki (HIPTI) Rusman Abdul Gani bersama Ketua HIPTI Muhammad Kobar menyambangi Graha Penda Kendari Pos, Senin (22/2/2021). Mereka disambut langsung oleh Direktur Utama Kendari Pos Irwan Zainuddin. Kedatangan keduanya dalam rangka memperkenalkan HIPTI, organisasi pengusaha yang baru dideklarasikan pada 10 Februari 2020 lalu.

Rusmin Abdul Gani mengatakan, terbentuknya HIPTI diharapkan menjadi wadah bagi para pengusaha suku Tolaki untuk bisa berkiprah di daerah sendiri. Para inisiator HIPTI menyadari bahwa Sultra merupakan salah satu surga investasi di Indonesia. Selain pertambangan, Sultra kaya akan sumber daya di bidang pertanian, perkebunan, dan kelautan.

“Potensi sumber daya alam Sultra sangat melimpah. Harapannya, melalui HIPTI, para pengusaha bisa berkolaborasi dalam memikirkan bagaimana mengelola kekayaan alam ini. Dengan bersama-sama, bukan tidak mungkin kita bisa membangun industri perkebunan, kelautan, bahkan pertambangan,” ujar pria yang karib disapa RAG itu.

Di kesempatan yang sama, Muhammad Kobar, mengungkapkan bahwa HIPTI adalah wadah untuk para pengusaha saling menguatkan alih-alih melemahkan satu sama lain. Selama ini, kata dia, banyak pengusaha Tolaki yang sukses di luar Sultra namun kurang diberikan ruang untuk berkembang di daerah sendiri. Oleh karenanya, ia berharap pemerintah mau membuka ruang untuk para pengusaha Tolaki mengelola berbagai potensi daerahnya sendiri. Ia juga mengajak pengusaha-pengusaha Tolaki agar kembali ke Sultra untuk membangun daerah bersama-sama.

“Harapannya, orang Tolaki bisa menjadi pelaku utama dalam mengelola SDA di Sultra, bukannya menjadi penonton. Kita punya SDM siap, dana juga siap. Maka pemerintah perlu memberi ruang. Mau melibatkan pengusaha dalam setiap kegiatan-kegiatan yang dikerjakan tahun ini maupun tahun-tahun berikutnya,” tuturnya. (b/uli)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top