Hingga Akhir 2021, Warga Kendari yang Miliki KTP Capai 98 Persen

KENDARINEWS.COM — Kesadaran warga metro memiliki kartu identitas terus membaik. Hingga akhir tahun 2021, warga Kota Kendari yang memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) mencapai 98 persen atau 233.958 jiwa. Jika dibanding tahun 2020, ada peningkatan sekitar 10 ribu jiwa atau naik 4 persen.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari, Iswanto Dongge mengatakan peningkatan ini tak lepas dari kerja keras lembaganya yang intens mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kartu identitas. Di sisi lain, pihaknya aktif turun jemput bola. “Petugas kami turun langsung di setiap kelurahan, sehingga masyarakat yang tidak sempat datang di kantor Dukcapil bisa langsung melakukan perekaman di Kantor Kelurahan,” ungkap Iswanto Dongge, kemarin.

Bukan hanya kantor kelurahan, pihaknya juga menyasar perguruan tinggi yang ada di Kendari. Hal tersebut dilakukan untuk menjangkau mahasiswa yang berasal dari luar yang belum mememiliki KTP-El untuk dilakukan perekaman.

Suasana pelayanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) di Kantor Dinas Dukcapil Kota Kendari. AGUS SETIAWAN/KENDARI NEWS

“Kami sudah ada kerja sama dengan kampus. Saat itu kampus meresponnya dengan baik karena disana para mahasiswa masih banyak yang belum merekam. Tentun ini (perekaman KTP-el) sangat membantu mereka dalam memiliki KTP-el,” ungkap Iswanto.

Terpisah, Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengapresiasi kerja keras Dukcapil dalam mengakselerasi perekaman KTP-el di Kota Kendari. Menurutnya upaya tersebut sangat positif dalam mendorong masyarakat sadar akan adminduk.

“Saya minta tahun ini terus dilakukan percepatan perekaman KTP elektronik. Terus berinovasi untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat. Capaian sebisa mungkin dipertahankan kalau perlu ditingkatkan. Karena warga yang genap berusia 17 tahun itu wajib memiliki KTP elektronik,” kata Sulkarnain Kadir. (b/ags)

Kepemilikan KPT-el
2021 233.958 jiwa (98 Persen)
2020 223.937 jiwa (94 Persen)

-Edukasi Warga Penting Kartu Identitas
-Rutin Gelar Program Jemput Bola
-Gelar Peremakan di Kelurahan, Kampus dan Sekolah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *