Metro Kendari

Hilangkan Kesan Kumuh, Kota Lama Bakal Ditata

KENDARINEWS.COM — Penataan kawasan Kota Lama telah dimulai tahun 2021 ini. Kawasan yang menyimpan histori awal pengembangan Kota Kendari akan dipoles lebih menarik dan modern. Sebagai langkah awal, Pemprov Sultra telah mengalokasikan anggaran desain di APBD sebesar Rp 400 juta. Kepala Dinas Cipta Karya Bina Konstruksi dan Tata Ruang Sultra, Pahri Yamsul mengatakan kawasan Kota Lama akan ditata untuk menghilangkan kesan kumuh. Sesuai tahapannya, tahun ini sudah masuk di desain. Untuk pengerjaan fisik baru akan dilaksanakan usai tahapan desain dituntaskan. “Anggarannya khusus desain Rp 400 juta. Kalau fisik, kemungkinan tahun depan,” beber Pahri Yamsul kemarin.

Sejauh ini, pihaknya belum bisa memastikan anggaran penataan kawasan Kota Lama. Nominalnya baru ketahuan setelah perencanaanya rampung. “Saya belum menerka-nerka. Kita tunggu saja. Yang jelasnya, penataan kawasan ini telah kita mulai,” tandas mantan manajer Timnas Softball ini. Kota Lama kata dia, memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata. Apalagi sudah ada jembatan raksasa yang membentang di atas Teluk Kendari yang menghubungkan Kota Lama dan Lapulu. Kehadiran Jembatan Teluk Kendari bakal menambah daya tarik pengunjung ditambah keberadaan gedung-gedung tua yang memiliki nilai histori.

“Kalau dibiarkan, kita khawatir akan menjadi kumuh. Apalagi daerah di bawah jembatan. Makanya, kita tata sebab ini akan menjadi aset dalam pengembangan wisata terpadu. Walaupun ada penataan, tetapi segala history-nya akan kita jaga seperti yang ada sekarang, ” jelas Pahri Yamsul. (c/rah)

Revitalisasi Kota Lama

  • Kawasan Wisata Terpadu
  • Jembatan Bahteramas Jadi Ikon Baru
  • Koneksitas Jalan Pariwasata Kendari-Toronipa
  • Mengurangi Kawasan Kumuh
  • Berbasis Ekologi dan Budaya
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top