Metro Kendari

Hari Ini Pengurus Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia Sultra Dilantik

KENDARINEWS.COM — Hari ini menjadi sejarah bagi para pengusaha lokal yang berhimpun dalam Himpunan Pengusaha Tolaki Indonesia (HIPTI) Sultra. Para pengurusnya akan dilantik hari ini, Senin (29/3) setelah dideklarasikan pada 10 Februari 2021. Sejumlah tokoh nasional dan tokoh daerah diundang dalam pelantikan pengurus HIPTI Sultra periode 2021-2026 di Zahra Syariah Hotel. Ketua panitia pelantikan pengurus HIPTI Sultra, Sarmadan Hamid mengatakan pasca pelantikan pengurus, HIPTI Sultra akan senantiasa membangun sinergisitas dalam mewujudkan cita-cita organisasi. Melahirkan kolaborasi dan pengusaha-pengusaha lokal yang berdaya saing internasional. “Dimulai dari Sultra, kita semua senantiasa bersinergi dalam membangun serta meningkatkan perekonomian Indonesia,” ujarnya kepada Kendari Pos, Minggu (29/3).

Sarmadan menjelaskan HIPTI Sultra mengokohkan semangat ‘Mepokoaso’ atau bersatu. Bukan hanya antar anggota, namun menumbuhkan sinergisitas bersama seluruh mitra strategis mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan seluruh lapisan masyarakat Sultra. Sarmadan mengungkapkan rasa terimakasih atas banyaknya dukungan mulai dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, instansi dan lembaga strategis lainnya. Pihaknya bersyukur, kehadiran HIPTI Sultra mendapat dukungan penuh dari seluruh lapisan masyarakat. Sejumlah tokoh nasional di undang dalam pelantikan HIPTI Sultra.

Panitia mengundang seluruh pihak yang mendukung HIPTI Sultra. Mulai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia, Ketua Umum DPP Masyarakat Pertambangan Indonesia (MPI), Amin Ngabalin. Deputi IV Kantor Staf Presiden (KSP), Juri Ardiantoro juga menyampaikan dukungannya kepada HIPTI Sultra, melalui video testimoni yang dikirimkan. Sementara dari daerah, ada nama Gubernur Sultra, wali kota dan bupati se-Sultra serta jajaran Forkopimda. “HIPTI Sultra sangat visioner, bergerak lokal menembus pasar global,” ujar Sarmadan mengutip pesan Ketua DPP MPI, Amin Ngabalin.

Sementara itu, Ketua HIPTI Sultra, Muhammad Kobar menjelaskan, HIPTI Sultra merupakan wadah bagi para pengusaha untuk saling menguatkan dan bersinergi bersama pemerintah pusat maupun daerah dalam memajukan perekonomian daerah. Organisasi non politik ini berorientasi pada pendidikan, pelatihan, pengembangan kapasitas dan pendampingan kepada para pengusaha berketurunan Tolaki untuk meningkatkan kualitas dan daya saing baik dalam maupun luar negeri.

“Di sini para pengusaha Tolaki bahu-membahu dan mengajak pemerintah pusat maupun daerah untuk bersama-sama memajukan ekonomi daerah, sehingga pengelolaan sumber daya alam (SDA) dapat dilakukan dengan baik,” ungkap Muhammad Kobar.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengawas HIPTI Sultra, Rusmin Abdul Gani (RAG) mengatakan HIPTI adalah rumah para pengusaha lokal Sultra. HIPTI Sultra tidak hanya fokus pada usaha berskala besar seperti konstruksi dan pertambangan. Sultra kaya akan sumber daya alam di bidang pertanian, perkebunan, dan kelautan. Pengusaha yang tergabung dalam HIPTI dapat berkiprah di daerah sendiri untuk mengelola sumber daya alam Sultra.

“Sektor UMKM akan turut digerakkan dengan melibatkan pengusaha–pengusaha muda. Pengusaha lokal harus berperan besar karena mereka yang tahu persis keadaan sosial masyarakat Sultra. Kita menjadi jembatan agar sinergi pengusaha lokal, pemerintah dan investor berjalan harmonis untuk masyarakat,” tutur Rusmin.

HIPTI Sultra diyakini bisa menjadi lokomotif pembangunan daerah dan wadah promosi bagi para pengusaha Sultra. “Kita berharap dengan pelantikan pengurus HIPTI Sultra, menjadi momentum kebangkitan ekonomi baru di Sultra. Kita harus menanamkan mindset bahwa pengusaha lokal pasti bisa bersaing di kancah nasional bahkan internasional,” pungkas Rusmin. (ndi/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top