HEADLINE NEWS

Hari Ini, Ali Mazi Lantik Bupati Butur, Koltim dan Konkep

KENDARINEWS.COM — Ridwan Zakariah memimpin Buton Utara (Butur) periode kedua. Hari ini, Ridwan dilantik sebagai Bupati Butur bersama Kompol (Purn) Ahali sebagai Wakil Bupati. Prosesi pelantikan dipimpin Gubernur Sultra, Ali Mazi. Selain Ridwan-Ahali, Bupati dan Wakil Bupati Koltim, Samsul Bahri-Andi Merya Nur serta Bupati dan Wakil Bupati Konkep, Amrullah-Andi M.Lutfi dilantik Gubernur Sultra, Ali Mazi.

Usai dilantik Ridwan Zakariah mengaku segera tancap gas menunaikan janji politiknya saat kampanye. Membangun infrastruktur jalan, jembatan, sektor kesehatan, pendidikan, dan perhubungan. Peningkatan mutu pelayanan kesehatan menjadi perhatian utama. Sebab, saat ini dalam kondisi wabah Covid-19, kerja keras menjaga masyarakat agar tetap sehat mesti maksimal. “Tatkala masyarakat tidak sehat, pembangunan sulit terlaksana. Karenanya saya bersama Ahali berkomitmen merealisasikan program Halo Dokter menjemput masyarakat. Dokter ditugaskan menyapa, mengecek, mengawal eksklusif kesehatan masyarakat,” ujar Ridwan Zakariah.

Mantan Kepala Bappeda Sultra itu menambahkan dengan program Halo Dokter, pasien tak mesti ke Puskesmas atau ke rumah sakit. Jika menderita sakit, cukup menelepon dokter. Ridwan menyadari, program Halo Dokter mesti didukungan jaringan komunikasi memadai. “Kami sudah komunikasi dengan kementrian terkait. Akan ada bantuan tower jaringan sebanyak 20. Mudah-mudahan segera terealisasi,” ungkapnya.

Ridwan menjelaskan, sektor pendidikan wajib terbangun dengan tata kelola peningkatan produktifitas tinggi. Sumber daya manusia (SDM) berkualitas amat urgen. Sektor perikanan tak luput dari sentuhan pembangunan duet Ridwan-Ahali. Sektor perikanan merupakan jantung perekonomian Butur. Investasi sektor perkebunan bagi Ridwan menjadi sentral menekan dan mengentaskan angka pengangguran dan kemiskinan. “Tidak mudah menuntaskan persoalan kemiskinan, namun bukan berarti tidak mungkin, asal kita yakin dan ikhlas bekerja untuk masyarakat. Menuntaskan masalah kemiskinan tidak cukup setahun atau dua tahun. Harus berkesinambungan dan konsisten,” kata Ridwan Zakariah.

Senada dengan Ridwan, Samsul Bahri menegaskan akan segera bekerja usai dilantik sebagai Bupati Kolaka Timur. Hal pertama yang dilakukan Bupati Samsul Bahri adalah mengonsolidasi ASN lingkup Pemkab Koltim. Tujuannya untuk menyatukan persepsi terhadap program prioritas yang akan dijalankan duet Samsul Bahri-Andi Merya Nur melalui OPD Pemkab Koltim. “Setelah saya potret kondisi Koltim saat ini, pertama yang akan kita benahi adalah infrastruktur jalan, yang harus ditangani serius. Sebab masih sekira 70 persen jalan di Koltim yang perlu dibenahi,” ujarnya saat ditemui disela-sela gladi resik pelantikan bupati di Rujab Gubernur, Kamis (25/2) kemarin.

Selanjutnya, infrastruktur sektor pertanian menjadi program prioritasnya nanti. Wilayah Koltim memang dikenal sebagai salah satu wilayah penopang pertanian untuk Sultra. “Masyarakat kami pada umumnya bertani. Produksi pertanian akan digenjot untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program kerja di sektor lainnya tetapi jadi perhatian kami,”beber Bupati Koltim Samsul Bahri.

Pilkada telah selesai, sudah ada pemimpin baru. Samsul Bahri berharap masyarakat bergandengan tangan bersama pemerintah membangun Koltim dalam bingkai satu niat yang tulus. “Tidak ada lagi yang dipetak-petakan karena kemenangan Samsul Bahri dan Andi Merya (SBM) adalah kemenangan masyarakat Koltim,”ungkap Samsul Bahri. Tak banyak persiapan khusus menjelang pelantikan. Samsul Bahri hanya ziarah makam kedua orang tuanya. “Tidak ada ritual khusus. Kami hanya berdoa kepada Allah SWT agar diridai, diberkahi dan dilancarkan proses pelantikan serta dimudahkan dalam menunaikan amanah rakyat,”terang Samsul Bahri.

Sementara itu, Bupati Konkep Amrullah mengatakan, pelantikan ini adalah periode keduanya menjabat Bupati Konkep. Sudah tentu dia melanjutkan program kerja yang sudah dicanangkan pada periode pertama. “Dengan prioritas pada aspek infrastruktur, peningkatan kualitas SDM melalui sektor pendidikan, dan kesehatan. Selain itu, prorgam stimula yang berdasarkan visi misi kami untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” ujarnya disela-sela gladi resik pelantikan.

Program lain tetap mendapat sentuhan duet Amrullah-Andi Muh.Lutfi. Sebut saja sektor pertanian, perkebunan dan perikanan. “Setelah kami dilantik, kami langsung action untuk percepatan pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kerangka pembangunan kami tuangkan pada awal tahun. Kami juga akan penandatanganan pakta integritas bersama OPD di Konkep,”pungkas Amrullah. (ali/ndi/rah/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top