Kolaka

Harga Normal, Stok Pangan di Kolaka juga Aman

KENDARINEWS.COM — Menjelang bulan suci Ramadan, stok pangan di Kabupaten Kolaka dinyatakan masih aman dan bisa memenuhi kebutuhan warga. Tak hanya itu, harganya juga tetap terpantau normal. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kolaka, Muhammad Azikin, membenarkan, stok pangan masih cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan warga selama bulan puasa. Dengan masih tersedianya stok pangan, maka harganya saat ini juga masih normal karena belum ada kenaikan.

“Kebutuhan beras hanya sekitar 549 ton. Sedangkan stok yang tersedia saat ini lebih dari 5 ribu ton. Harganya juga masih Rp 9.500 per kilogram. Begitu pun dengan kebutuhan pangan lainnya. Stok yang tersedia lebih banyak dibanding dengan kebutuhan sehingga harganya masih terbilang normal,” jelasnya, Minggu (11/4). Azikin mengatakan, untuk menjaga stok dan kestabilan harga pangan di Bumi Mekongga, maka pihaknya selalu melakukan koordinasi dengan pihak terkait seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perkebunan dan Peternakan, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Kata dia, koordinasi tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi dan mengetahui sebaran panen. “Ini dilakukan demi menjaga ketersedian pangan di masyarakat setiap saat. Apalagi saat ini memasuki bulan suci Ramadan. Sehingga survei setiap minggu kami harus lakukan untuk mengetahui harga dan ketersediaan pangan. Hasilnya kami laporkan ke Bupati, Kapolres, Dandim, hingga ke Pemerintah Provinsi dan Pusat,” tutur pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balitbang Kolaka itu. (b/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top