Kolaka Utara

Harga Daging Normal, Elpiji Lancar

KENDARINEWS.COM– Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) telah bergerak ke pasar rakyat guna mengecek pergerakan harga kebutuhan khususnya daging jelang hari raya Idul Adha. Mereka mencatat jika hingga hari ini belum ada kenaikan nilai jual dari para pedagang dan masih terpantau normal.

Kasi Pendataan Kebutuhan Pokok dan Logistik Dinas Perdagangan Kolut, Astri S. Kom menjelaskan, jelang Idul Adha pekan depan, ada tiga lokasi yang menjadi jadwal kunjungan guna memantau harga yakni Pasar Desa Beringin Kecamatan Ngapa, Lambai dan Pasar Sentral Lacaria, Lasusua. “Senin di Ngapa, Kamis ke Lambai dan Jum’at di Lasusua,”ujarnya, Selasa (13/7).

Untuk wilayah Lasusua, mereka tidak hanya fokus memantau dalam pasar namun juga menyasar toko-toko yang ada dalam kota. Dari pantauan di Pasar Beringin sendiri harga kebutuhan pokok tetap stabil.

Begitu juga dengan harga daging sapi juga normal dengan harga jual Rp.115 Ribu per Kg dan ayam jumbo Rp. 75 Ribu per ekor. “Stok banyak. Apalagi di momen Idul Adha masyarakat ekonomi menengah ke bawah itu tidak banyak yang membeli karena dapat gratis dari hewan kurban,” terang Astri.

Begitu juga dengan kebutuhan sayur- mayur hingga bumbu dapur juga terpantau normal. Beda dengan momen Idul Fitri, sepuluh hari jelang hari H, hampir semua harga kebutuhan pokok sudah merangkak naik. “Kalaupun ada kenaikan jelang hari H Idul Adha semisal daging sapi palingan hanya berkisar Rp.120 Ribu saja,” katanya.

Dominan hewan kurban maupun daging sapi di Kolut dikemukakan dipasok dari luar wilayah. Hal tersebut tidak ada peternakan hewan demikian di Bumi Patowonua itu dan tempat penyebelihan pun hanya di beberapa titik saja sesuai momen tertentu yang akan berlangsung. “Yang turun sedikit hanya beras. Distributor yang kami kunjungi menyampaikan karena banyak stok,” ucapnya.

Tim terpadu tersebut juga mengunjungi beberapa agen gas elpiji. Pasokan ke distributor juga tidak ada pembatasan karena tidak terjadi kelangkaan. Mereka menjamin jika hingga pasca Idul Adha, persediaan mereka tetap normal. “Kebutuhan pokok di Kolut normal dan lancar,” pungkasnya.

Untuk diketahui, TPID Kolut tergabung beberapa instansi lain di dalamnya baik Dinas Perkebunan dan Peternakan, Dinas Tanaman Pangan, Perikanan dan lainnya yang dikoordinir Bagian Ekonomi Setda Pemkab Kolut. (rus) 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top