Politik

Haliana Minta Masyarakat Hilangkan Sekat Politik

KENDARINEWS.COM — Duet Haliana-Ilmiati keluar sebagai pemenang Pilkada Wakatobi tahun 2020. Pelantikan duet berakronim “HATI” itu belum digelar, mengingat masa jabatan Arhawi sebagai bupati Wakatobi berakhir 28 Juni 2021 mendatang.

Meski begitu, Bupati Wakatobi terpilih Haliana meminta warga untuk menghapus sekat di tengah masyarakat, seperti saat Pilkada. Menurutnya, rivalitas dunia politik bagian dari dinamika demokrasi.
“Saat ini, saya mengajak masyarakat Wakatobi bersatu. Jangan lagi ada sekat atau golongan tertentu,” kata Haliana.

Politisi PDIP itu menilai, akan sulit dalam mengaktualisasikan program jika tidak tercipta kekuatan persatuan. “Mengutip pesan sahabat Nabi Muhammad, Umar Bin Khatab bahwa tak ada kemenangan tanpa kekuatan, dan tak ada kekuatan tanpa persatuan dan kesatuan,” katanya.

Yang mesti menjadi perhatian, kata dia, adalah bagaimana membarakan sinergi untuk memajukan Wakatobi. Apalagi dengan otensi kekayaan sumber daya alam. “Kita akan maksimalkan eksplorasi dan pengelolaannya dengan berbasis teknologi modern, untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” urainya.

Haliana menjelaskan, kemiskinan di Wakatobi masih tinggi. Faktor utama disebabkan kurangnya lapangan pekerjaan. Data tahun 2019, kuantitas kemiskinan di Wakatobi sekira 14,74 persen. Angka itu lebih tinggi dibandingkan provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang hanya 11,24 persen. “Ini menjadi masalah primer yang akan segera kita programkan solusinya. Agar secara perlahan angka kemiskinan tersebut bisa terminimalisir,” tandasnya. (ali/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top