Politik

Haliana Janji Ciptakan One Island One School

KENDARINEWS.COM — Calon Bupati Wakatobi Haliana punya mimpi membangun Wakatobi dan mengentaskan kemiskinan dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Ia didampingi Calon Wabup Wakatobi Ilmiati akan merealisasikan mimpi itu dengan menggagas program; one island one school.

Calon Bupati Wakatobi Haliana bersama pendukungnya saat melakukan kampanye guna menggaet simpati pemilih.

Jika terpilih menjadi kepala daerah, Haliana bertekad untuk mengentaskan kemiskinan dengan program one island one school. Tujuannya menciptakan generasi kreatif yang mampu mengolah diri, dan potensi sumber daya alam (SDA) daerah. Sehingga dapat mandiri dan berdaya saing. Selain itu, program tersebut sebagai wadah untuk mengekspresikan diri, menyalurkan ide-ide kreatif, dan menjadi wadah untuk mendapatkan ilmu serta keterampilan. Sehingga mampu menciptakan keunggulan yang bernilai ekonomis.

“Program one island one school akan hadir disetiap pulou utama di Wakatobi yaitu Wangi-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko. Sratetegi dasarnya, melalui pendekatan 3 T yakni pelatihan, pembinaan, serta pendampingan,” ujarnya.

Data terakhir tahun 2019, kata dia, angka kemiskinan di Wakatobi sekira 14,74 persen. Jumlah itu lebih tinggi dibandingkan Sultra yang hanya 11,24 persen. Sedangkan secara nasional berkisar pada angka 9,22 persen. Penyebab lahirnya kemiskinan yang sangat krusial ini, karena minimnya lapangan pekerjaan. Pada akhirnya pengangguran menjamur.

“Pemerintah mesti hadir sebagai motor penggerak pembangunan daerah. Yang memahami kondisi masyarakat, baik SDM maupun SDA,” katanya. (ali/c)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top