Konawe

Habiskan Rp 4 Miliar, Mall Pelayanan Publik Konawe Dibangun Tahun Ini

KENDARINEWS.COM — Tak banyak gedung baru yang akan dibangun Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe pada tahun 2021 ini. Satu-satunya infrastruktur yang didirikan pada tahun ini hanyalah Mall Pelayanan Publik (MPP). Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe, Ferdinand Sapan, mengatakan, Pemkab memang mendorong agar pelayanan publik bisa terintegrasi. Dengan demikian, masyarakat bisa dimudahkan dalam banyak hal. Entah itu dari segi informasi maupun sistem pelayanan publik itu sendiri.

“Tahun ini hanya Mall Pelayanan Publik saja yang kita bangun. Anggarannya itu kurang lebih Rp 4 miliar,” ujar mantan Kepala BPKAD Konawe itu. Ferdinand menyebut, nantinya pelayanan administrasi bakal terpusat di MPP yang dibangun di eks kantor Satpol-PP dan Damkar Konawe. Misalnya pengurusan kartu tanda pengenal diri dan akta-akta lain terkait kependudukan. Termasuk pembuatan surat izin mengemudi (SIM) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK). Juga surat-surat perizinan lain semuanya bakal dipusatkan di MPP.

“Jadi, tidak ada lagi berkas yang maju mundur karena semua sudah terintegrasi di MPP. Target kita, bangunan satu lantai tersebut bisa tuntas dikerja pada September 2021,” tambahnya.
Ferdinand juga menyebut, pekan depan pada tanggal 2 Maret 2021, Pemkab Konawe diundang Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam rangka menindaklanjuti persiapan pembangunan MPP. Salah satu agendanya, yakni penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan pihak Pemerintah Pusat di Jakarta.

“Sebab dengan adanya MPP, KemenPAN-RB akan melakukan pembinaan terus-menerus. Sehingga, MPP yang akan kita bangun di Konawe ini betul-betul bisa efektif bagi masyarakat,” tandasnya. (c/adi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top