Metro Kendari

Gubernur Kukuhkan Pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama

KENDARINEWS.COM — Gubernur Sultra, Ali Mazi menginginkan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) mampu meningkatkan wawasan kebangsaan agar tercipta suasana yang aman dan kondusif serta meningkatkan toleransi. Apalagi kondisi mayarakat Sultra sangat beragam. Di sisi lain, FKUB turut mendorong terpeliharanya kerukunan hidup seluruh umat beragama. Agar sikap saling pengertian, toleransi, dan saling menghormati bisa menjadi esensi dari kerukunan beragama.

“FKUB memberikan sebuah mediasi antara masyarakat dengan pemerintah. Oleh karena itu, FKUB tidak hanya memberikan rekomendasi tapi bagaimana memperkuat posisi masyarakat agar memiliki daya tawar dalam berpartisipasi di kehidupan sosial dimanapun berada,” kata pimpinan Bumi Anoa itu saat mengukuhkan 21 orang anggota FKUB Sultra Masa Bhakti 2020-2025 di Kantor Gubernur Sultra, Rabu (2/9).

Selain itu kata dia, FKUB merupakan mediator antara masyarakat dengan pemerintah untuk menyelesaikan berbagai masalah sekaligus menyosialisasikan kebijakan-kebijakan pemerintah, sehingga masyarakat lebih paham dan mengerti tentang hak dan kewajibannya. “Ada kabar baik yang terlihat dari kehidupan beragama di Indonesia. Jadi saat ini ada peningkatan kesadaran masyarakat untuk menjalankan ajaran agamanya. Di sisi lain, jumlah sarana dan prasarana ibadah masing-masing agama juga terus mengalami pertambahan,” terangnya.

Ia meminta agar konektifitas dan kemitraan antara umat beragama terus ditingkatkan. “Upaya ini agar berdampak pada menguatnya semangat kebersamaan untuk membangun daerah. Serta pada gilirannya, dapat mendorong daya saing daerah” jelasnya. (b/rah).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top