Nasional

Gubernur Kawal Aspal Buton Menuju Kejayaan

KENDARINEWS.COM — Stok aspal Buton (Asbuton) sangat melimpah. Selain terhampar luas di atas permukaan tanah, jutaan ton masoj terkandung di perut bumi. Kekayaan alam itu kini tengah menjadi perhatian serius pemerintah daerah dan pusat. Komitmen untuk menasionalisasi Asbuton makin nyata dengan kunjungan tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Marves) di jazirah Buton.

Rombongan itu dikawal Gubernur Sultra H. Ali Mazi bersama Wali Kota Baubau AS. Tamrin dan Bupati Buton La Bakry. Mereka akan mengembalikan kejayaan Asbuton seperti dulu lagi. “Hari ini semuanya ikut bersama- sama menyaksikan bahwa kekayaan aspal Buton ini bukan hanya cerita rekayasa, tetapi memang nyata dan bisa digunakan. Ini dapat digunakan untuk kepentingan bangsa dan negara,” ungkap Ali Mazi.

Suami Agista Ariyani itu optimis hal itu terwujud, bila kekurangan yang kini masih menjadi kendala pengelolaan Asbuton itu bisa digarap oleh pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten. “Dari sini, (PT. Wika Witumen-red) kita tinjau lokasinya di Nambo, kita lihat apa yang harus kita kerjakan di sana. Karena pelabuhannya kan di sana,” tambahnya.

Gubernur berjanji semua yang menjadi tanggung jawab provinsi akan segera ditunaikan. Ia tak akan menunda dan memastikan kran investasi
akan dibuka lebar-lebar demi kepentingan infrastruktur maupun kebijakan yang berpihak pada potensi besar daerah ini. “Upaya ini saya tangani langsung, saya akan mengawal ini sampai benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Sultra dan nasional,” lanjutnya.
Sebagai langkah awal penggunaan aspal Buton diproyeksi1.000 kilometer. Rinciannya, 600 kilometer untuk jalan di Sultra dan 400 kilometer lainnya untuk di luar daerah. (lyn/rah/adv)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top