Gubernur Instruksikan UPZ di OPD Berkoordinasi dengan Baznas

Metro Kendari

KENDARINEWS-COM — Gubernur Sultra, Ali Mazi mengintruksi Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkoordinasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sultra. Upaya ini untuk memaksimalkan Gerakan Cinta Zakat. Gerakan yang diprakarsai Presiden, Joko Widodo ini dianggap mampu mengoptimalkan penerimaan zakat. Selama ini, ada gate antara potensi dengan realisasi capaian penerimaan zakat.

“Bagi instansi yang belum mengoptimalkan terlebih yang belum melaksanakan kegiatan pengumpulan ZIS, agar segera mengoptimalkan kegiatan pengumpulan zakat di instansi masing-masing. Tidak hanya zakat, namun Infak dan Sedekah (ZIS) serta Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL),” kata orang nomor satu di bumi anoa itu.

Tidak hanya OPD dan BUMD, ia juga mengajak lembaga vertifal dan BUMN menyukseskan Gerakan Cinta Zakat. “Saya mengajak segenap pejabat dan pimpinan lembaga vertikal, OPD, BUMN dan BUMD serta pengusaha muslim menunaikan zakat melalui Baznas Sultra. Sebab Baznas merupakan lembaga resmi yang berwenang dalam pengelolaan zakat, ” ajak Ali Mazi

Zakat kata dia, merupakan kewajiban ibadah umat Islam untuk mensucikan diri dan hartanya dari hak-hak orang lain. Utamanya hak-hak para mustahik atau mereka yang berhak menerima zakat. Apalagi di tengah pandemi covid-19. Di mana masyarakat banyak yang mengalami kesulitan ekonomi.

Upaya ini lanjut gubernur, bagian dari pemerintah mengimplementasi Undang-Undang (UU) nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Surat Edaran (SE) Gubernur Sultra nomor 451.12/552 tahun 2019 tentang penunaian ZIS kepada seluruh instansi. “Sungguh merupakan suatu kekeliruan besar, bila kita tidak dapat memaksimalkan pengelolaan zakat,” tandasnya.

Gerakan Cinta Zakat kata dia, bagian dari program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesehjahteraan masyarakat melalui pemberdayaan zakat secara konsumtif dan produktif. “Semoga hal ini menggugah nurani kesadaran kita, dalam mewujudkan misi suci yang diemban Baznas, ” harapnya. (c/rah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *