Metro Kendari

Gempa Tektonik Kembali Guncang Kendari, Akibat Aktivitas Sesar Kendari

KENDARINEWS.COM– Kota Kendari kembali diguncang gempa. Titik gempa tersebut berada di sebelah Timur Laut, Baruga, Kamis (2/9) sekitar pukul 08:22 wita.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, mengatakan, analisis BMKG menunjukkan Episenter gempa bumi berada di koordinat 4.01 LS, 122.49 BT. Tepatnya berlokasi di daratan pada jarak 2.8 km, TimurLaut Baruga, Kota Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, dengan kedalaman 13 km. Gempa bumi ini berkekuatan M 2.7.

Dilihat dari lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, lanjutnya, gempa yang terjadi ini gempa bumi dangkal, akibat aktivitas sesar Kendari segment North di TimurLaut Baruga.

“Masyarakat tetap tenang jangan percaya jika ada informasi yang tidak dapat dijelaskan kebenarannya. Waspada, hindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa. Hasil monitoring BMKG, sampai saat ini menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa susulan,” imbuhnya.

Dari laporan, sambungnya, guncangan gempa dirasakan di Kendari dengan Intensitas II MMI. Belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan. Gempa tidak berpotensi tsunami. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top