HEADLINE NEWS

Gempa Susulan Bermagnitudo 4.1 Terjadi di Konut

KENDARINEWS.COM — Usai gempa 3.5 magnitudo, Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra), kembali diguncang gempa bumi tektonik susulan berkekuatan M : 4.1, Sabtu (6/3/2021) sekitar pukul 18.27 Wita.

Kepaka Stasiun Geofisika Kendari, Rudin, S.T. meminta warga tetap waspada. Kata dia, jika memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar Lawanopo di barat daya Labungga. “Update Info Gempa Mag:4.1 SR, 06-Mar-2021 18:27:05 WITA, Lok:3.52 LS, 122.17 BT (3.3 km Tenggara Labungga, Konawe Utara – SULTRA), Kedalaman 10 Km, dirasakan di Wanggudu, Andowia dan Asera III MMI km. Hindari bangunan retak,” ujarnya, melalui rilis yang diterima Kendarinews.com.

Sementara itu, Kabid Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin mengungkapkan, pada gempa awal M :3.5 ada dua kecamatan yang merasakan gempa ini. Yakni, Kecamatan Andowia dan Asera. Sementara untuk gempa M : 4.1 masih menunggu laporan resmi daerah mana saja yang merasakan guncangan. “Sebenarnya gempa susulan yang dirasakan warga empat kali. Tapi dari alat BMKG, gempa terjadi dua kali yakni 3,5 SR dan 2,9 SR. Sementara yang 2,8 SR dan 2,5 SR tidak terdeteksi,”ujar, Sabtu (6/3).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

“Kami dari BPBD Bidang Kedaruratan langsung melakukan pantauan dilapangan, semua kondisi aman, tenang dan terkendali. Kami juga telah menyampaikan pada warga untuk senantiasa waspada dan siaga, jangan sampai ada gempa susulan,”pungkasnya. (min/kp)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top