Konawe Utara

Gelar FGD, Sekda Konut Ajak Sinergi Mengelola Air Limbah Domestik

KENDARINEWS.COM — Perhatian Pemerintah Kabupaten Konawe Utara (Konut) terhadap pengelolaan air limbah domestik sangat tinggi. Peran pemerintah daerah begitu sentral dan dibutuhkan. Atas dasar itu, Pemkab Konut menggelar focus group discusion (FGD) tentang pendampingan penyusunan rancangan peraturan daerah (Perda) pengelolaan air limbah domestik.

Sekda Konut, HM Kasim Pagala beserta sejumlah narasumber dalam acara FGD, Jumat (3/9/2021)

Dalam sambutannya Sekda Konut, HM Kasim Pagala mengatakan, pengelolaan air limbah domestik merupakan wewenang pemerintah daerah dalam rangka pelayanan umum yang harus dilaksanakan secara sinergi, berkelanjutan dan profesional. Muaranya agar tercipta, terkendalinya pembuangan air limbah domestik terlindunginya kualitas air tanah dan air permukaan serta meningkatkan upaya pelestarian fungsi lingkungan hidup.

“Sumber daya air dan pemerintah daerah wajib melaksanakan pengelolaan air limbah domestik. Hal ini untuk melaksanakan ketentuan yang disebutkan dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentng pemerintah daerah. Dimana pengelolaan air limbah domestik termasuk dalam urusan konkuren yang bersifat wajib dan merupakan pelayanan dasar,” kata Kasim Pagala, Jumat (3/9).

Pemkab Konut, kata dia, memahami dalam pertemuan FGD ini, akan banyak muncul ragam pemahaman terkait pengelolaan air limbah domestik atas dasar latar belakang ilmu dan pengalaman yang berbeda. Maka perlu dilakukan penyempurnaan teknis baik proses maupun substansi terkait dalam memahami isi perda.

“Semua Elemen harus sinergi. Mudah-mudahan apa yang disampaikan narasumber dalam FGD kedua ini bisa bermanfaat dan membuka wawasan peserta. Sehingga tujuan kegiatan ini dapat tercapai yaitu untuk mempersiapkan perwujudan pengelolaan sanitasi yang layak melalui suatu penetapan regulasi,” pungkasnya. (ali/KN)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top