Ekonomi & Bisnis

Garuda Cargo Kendari Izinkan Pengiriman Hewan Hidup

KENDARINEWS.COM–Mulai bulan April 2021, Garuda Cargo Kendari su­dah bisa mengangkut live animal (hewan hidup). Izin tersebut baru berlaku untuk tujuan Kendari-Ja­karta dan Kendari-Ujung Pandang (Makassar). Lay­anan Garuda Indonesia Cargo memastikan hewan kiriman tetap nyaman di dalam pesawat hingga tiba di tujuan.

“Dengan petugas pro­fessional yang andal dan sudah mempunyai serti­fikat Live Animal Regula­tion (LAR), pengiriman live animal melalui Garuda Indonesia Cargo dilakukan dengan aman, nyaman, dan tepat waktu,” ungkap General Manager Garuda Indonesia Branch Office Kendari, Syaiful Bahri, ke­marin.

Dijelaskan Syaiful, demi keamanan, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengirim hewan atau binatang hidup. Di antaranya, memastikan he­wan dapat dikirim, menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, proses karantina hewan dilakukan oleh badan atau instansi resmi yang memiliki we­wenang untuk melakukan karantina, pengemasan pengiriman hewan harus sesuai standar pengiriman yang berlaku, serta asur­ansi pengiriman.

“Adapun spesies hewan yang tidak dapat dikirim misalnya lumba-lumba dan ikan hiu,” ujarnya. 
Ia menuturkan, penge­masan pengiriman hewan juga mesti diperhatikan. Misalnya, untuk pengiri­man kambing dan domba, maka atap harus berpalang atau berjaring, lantai solid dan anti bocor, ventilasi harus disediakan secara merata di empat sisi kon­tainer (khusus domba, dibutuhkan 40 persen ventilasi pada area lantai), serta menyediakan pijakan dan alas karet.

Untuk bahan kontainer dapat berupa metal, kayu, atau fiberglass. Ukuran kontainer disesuaikan agar hewan dapat berdiri den­gan nyaman. Direkomen­dasikan ada ruang di atas kepala sebesar 10 sentim­eter untuk hewan kecil dan 20 sentimeter untuk hewan yang besar.

Selain itu, ada sejumlah ketentuan khusus yang harus dipenuhi yaitu ter­dapat akses yang dapat dengan mudah dibuka dan ditutup pada setiap dek, hewan diberikan diet ren­dah air 24 jam sebelum ke­berangkatan, memberikan serbuk kayu atau gergaji pada lantai, serta mem­berikan makan dan minum hewan sesuai kebutuhan.

“Percayakan pengiriman hewan kesayangan Anda dengan Cargo Garuda Indo­nesia. Untuk informasi dan reservasi lebih lanjut dapat menghubungi Cargo Service Center Bandara Haluoleo melalui telepon di 0821 8840 8070 jam operasional pukul 06.00-14.00 Wita,” pungkas Syaiful. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top