Kolaka

Ganti Rugi Tuntas, Pengerjaan Jalan di Pomalaa Dimulai

KENDARINEWS.COM — Progres program pelebaran jalan Cakalang di Kelurahan Dawi-Dawi, Kecamatan Pomalaa, terus menunjukkan kemajuan. Setelah menuntaskan ganti rugi lahan dan membongkar rumah penduduk yang terdampak pelebaran jalan tersebut, pengerjaan kini terlihat dimulai. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kolaka, Arifin Jamal, mengungkapkan, proyek tersebut mulai dilakukan dan akan ditargetkan tuntas pada tahun 2020 ini. Agar program tersebut dapat selesai sesuai waktu yang ditentukan, maka pihaknya membutuhkan dukungan semua pihak.

“Memang dalam proses pengerjaan ini, saat hujan turun warga mengeluhkan genangan. Itu terjadi karena drainasenya belum ada. Tapi itu pasti akan dikerjakan juga nanti,” janjinya. Arifin menjelaskan, untuk jalan Cakalang akan diperlebar menjadi dua jalur dengan lebar 24 meter dan panjang 400 meter. “Lebar 24 meter itu sudah termasuk drainase. Kami berharap, pelebaran jalan Cakalang dapat mempercepat roda perekonomian di Bumi Mekongga. Akses dari wilayah kota ke Bandara Sangia Nibandera dan Kampus USN Kolaka di Tanggetada dan sebaliknya, juga bisa lebih lancar,” ujarnya.

Terkait besaran anggaran yang digunakan untuk pengerjaan Jalan Cakalang, Arifin belum dapat menyebutkannya secara rinci. “Yang jelas cukup besar. Biaya pengaspalan saja untuk panjang 1 kilometer itu menghabiskan anggaran Rp 2 miliar. Tapi untuk jalan Cakalang ini panjangnya hanya 400 meter saja,” tuturnya. (c/fad)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top