HEADLINE NEWS

Gandeng Ridwan Bae, Pemkot Kendari Gagas Pembangunan Tanggul di Bantaran Kali Wanggu

KENDARINWS.COM — Upaya pengendalian banjir di Kota Kendari terus dilakukan. Setelah membangun kolam retensi, pemerintah kembali menggagas pembangunan tanggul pengendali banjir di bataran Sungai Wanggu khususnya di kawasan Nanga-nanga. Tidak hanya mengantisipasi luapan air, namun juga mencegah longsor termasuk mengurangi endapan yang dibawa aliran Sungai Wanggu menuju Teluk Kendari.

Wali Kota Kendari H Sulkarnian, mengatakan pembagunnan tanggul dimaksudkan untuk menangani sedimentasi sungai yang masuk di Teluk Kendari akibat pengendapan material batuan yang terbawa luapan banjir, sehingga terjadi pengikisan. Selama ini, Sungai Wanggu menjadi penyumbang sedimen terbesar Teluk Kendari. “Sebenarnya, persoalan sedimen sudah kita tanggani lewat kolam retensi. Hanya saja, memang hasilnya belum maksimal. Nah, lewat tanggul nanti, mudah-mudahan bisa signifikan mengurangi sedimen yang masuk di Teluk Kendari,” ujar Sulkarnain kemarin.

Proyek ini ditaksir menelan anggaran sebesar Rp 100 miliar. Dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional (APBN). Dalam menggolkan proyek ini, pihaknya turut bekerjasama dengan anggota DPR RI asal Sultra, Ridwan Bae. “Tahun ini, kita akan buat perencanaannya. Nama proyeknya tanggul pengendali banjir,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae siap mengawal pelaksanaan proyek ini. Ia meminta Wali Kota Kendari segera memastikan proses pembebasan lahannya. “Kalau memang nanti ada masyarakat yang menaikkan harga tanah d ilokasi pembangunan, Wali Kota harus segera mengambil upaya positif. Saya kira tidak ada yang menjadi masalah jika komunikasi berjalan baik. Semoga cepat terbangun. Ini untuk kepentingan kita semua,” kata Ridwan Bae.

Ia pun mengaku akan memprejuangkannya di Senayan guna mempercepat pembangunan tanggul. Termasuk melobi Kementerian PUPR dalam hal ini Direktorat Sumber Daya Air (SDA). “Itu sudah jadi tugas saya. Ini akan jalan beriringan hingga semua bisa terbangun,” pungkasnya. (b/ags)

Proyek Tanggul Pengendali Banjir
-Ditaksir Telan Anggara Rp 100 Miliar
-Tahun ini, Tahap Perencanaan
-Sumber Dana APBN
-Pembebasan Lahan Domain Pemkot

Dampak
-Mencegah Longsor dan Luapan Air
-Mengurangi Endapan yang Dibawa Aliran Sungai Wanggu
(Mengatasui Sedimentasi di Teluk Kendari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top