Gagas Tour de Anoa, Sulkarnain Bentuk Kepengurusan ISSI di Enam Daerah

Nasional


KENDARINEWS.COM — Olahraga bersepeda di Kota Kendari kini menjadi tren. Jangan heran, berbagai komunitas sepeda bermunculan beberapa bulan belakangan. Animo warga yang kian menggemari olahraga ini dilirik Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sultra, Sulkarnain Kadir. Ia pun memasukan agenda Tour de Anoa dalam program kepengurusan Pengprov ISSI Sultra 2021-2025.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir (empat kiri) saat gowes bersama Forkompimda. Wali Kota Sulkarnain Kadir terpilih sebagai Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Sultra, 2021-2025. Sulkarnain Kadir menggagas Tour de Anoa dalam program kerja ISSI Sultra.

“Saya yakin ini bisa jadi event berskala nasional bahkan internasional sehingga bisa menjadi suatu kebanggaan bagi masyarakat Sultra. Ajang Tour de Anoa ini diharapkan bisa disejajarkan dengan Tour de Singkarak di Sumatera Barat (Sumbar),” kata Sulkarnain menjabarkan program kerja usai terpilih sebagai Ketua Pengprov ISSI Sultra, kemarin.

Wali Kota Kendari itu menambahkan Tour de Anoa bisa menjadi ajang menguji kemampuan para atlet. Di sisi lain, mengasah mental bertanding atlet bertanding di event besar termasuk mencari bibit pesepeda berbakat. “Kami ingin fokus pada pembinaan atlet sejak dini. Tujuannya untuk mempersiapkan atlet balap sepeda Sultra yang andal dan bisa berprestasi baik untuk level daerah, nasional, maupun di level internasional,” ujar Sulkarnain Kadir.

Selain itu, Tour de Anoa bisa menjadi ajang promosi wisata bagi masyarakat yang berkunjung di Sultra. Pasalnya, Sultra kaya dengan spot wisata menarik yang tersebar di Sultra mulai dari Kolaka Utara hingga Pulau Binongko di Wakatobi. “Kita punya banyak spot wisata di jazirah Sultra yang bisa kita angkat lewat event sepeda kita. Saya kira di Kendari banyak, di wakatobi jugaa ada. Dan seluruh 17 Kabupaten ada. Dan kita harus punya semnagat untuk mewujudkannya,” kata Sulkarnain Kadir.

Bukan hanya itu, Sulkarnain mengaku akan menyempurnakan organisasi dengan merampungkan pembentukan enam pengurus daerah yakni Buton Tengah (Buteng), Buton Selatan (Selatan), Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Muna Barat (Mubar). “Kita akan rampungkan dengan enam daerah lainnya dulu agar seluruh daerah bisa memiliki kepengurusan aktif. Setelah itu, kita bakal menggelar konsolidasi antar pengurus dan menyusun program kerja lima tahun mendatang,” katanya. (ags/c)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *