Hukum & Kriminal

Gadaikan Motor Teman, Warga BTN Batumarupa Diringkus

KENDARINEWS.COM — Pria berinisial DN hanya bisa menyesali perbuatannya. Warga Lorong Singa Kelurahan Rahandouna, Kecamatan Poasia Kota Kendari terancam hukuman penjara. Ia diringkus personil Buser 77 bersama Sub Unit I Sat Reskrim Polres Kendari atas kasus penggelapan sepeda motor milik temannya bernama Sri Susiyanti.
“Pelaku kita amankan di rumahnya di BTN Batumarupa Kecamatan Poasia,” beber AKP I Gede Pranata Wiguna, Kasatreskrim Polres Kendari, Rabu (3/3).

Dari keterangan korban, berawal dari modus pelaku meminjam motor korban. Alasannya, pelaku untuk pergi mengganti pakaian yang tempatnya tidak jauh dari lokasi korban. Kemudian pelaku langsung membawa motor korban. Padahal korban sendiri belum mengizinkan. “Kepada korban, pelaku meminjam motor dengan berkata, saya pinjam dulu motormu, pergi ganti baju. Lokasi dekat dari sini sambil membawa motor,” ujar AKP I Gede Pranata Wiguna mengutip pernyataan korban.

Setelah beberapa lama menunggu, lanjutnya, korban mencoba menghubungi pelaku melalui telepon. Namun nomor handphone pelaku sudah tidak aktif dan motor tak kunjung dikembalikan. “Kami langsung tindak lanjuti laporan tersebut, sebelum akhirnya pelaku berhasil kita tangkap di kediamannya,” ujarnya.

Usai ditangkap, polisi langsung melakukan interogasi terhadap pelaku. Dari hasil interogasi, pelaku mengaku telah menggadaikan motor korban ke orang lain berinisial RL. “Ternyata pelaku menggadaikan motornya korban dan usut punya usut, uang hasil menggadaikan motor ini digunakan pelaku untuk makan juga memenuhi kebutuhannya sehari-hari lainnya,” ujarnya. Atas dasar itu, pelaku diamankan di Polres untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Atas perbuatannya, pelaku diancam dengan pasal 372 KUHP tentang tindak pidana penggelapan,” tutupnya. (b/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top