Metro Kendari

FP UHO Tanam Pohon dan Kembangkan Produk Pertanian Berorientasi Organik

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, FP UHO Komitmen Hijaukan Kampus

KENDARINEWS.COM — Isu pemanasan global dan masalah lingkungan lainnya menjadi perhatian serius negara-negara di seluruh dunia. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh pada 5 Juni diharapkan mampu membangkitkan kesadaran masyarakat agar melakukan hal positif demi menyelamatkan alam.

Seperti aksi nyata yang dilakukan Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo (FP-UHO). Pihaknya menanam puluhan bibit pohon di lingkungan universitas Halu Oleo. Tepatnya di sekitar kawasan Fakultas Pertanian dan Laboratorium Lapangan Percobaan 2 FP UHO, Sabtu (5/6).

Hal tersebut diungkapkan Dekan Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo, Prof R Marsuki Iswandi. Dia mengungkapkan, banyak pihak yang dilibatkan dalam peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini. Diantaranya lembaga kemahasiswaan lingkup UHO, Explore Sultra DPD Kendari dan Sanggar Biokomp Organik. Dimana dalam kegiatan ini, dilakukan juga penyemprotan eco enzyme di lingkungan Fakultas Pertanian.

“Kami senang banyak yang terlibat dalam aksi sosial seperti ini. Artinya lebih banyak yang peduli dan mencintai lingkungannya, mulai dulu dari lingkungan sekitar. World Environment Day atau WED 2021 dirayakan untuk memberi tahu, bahwa kita tidak bisa menganggap sepele masalah alam, alam harus dijaga dan dilestarikan,” ungkapnya.

Dirinya berharap, semua masyarakat utamanya anak muda harus jadi pelopor. Sebarkan virus cinta lingkungan. Semua pihak mampu menjadi pionir, baik mahasiswa, termasuk alumni yang ikut menjadi penggerak di Sultra. “Semoga kedepan, makin banyak pihak yang menyadari pentingnya penyelamatan lingkungan, baik dari sisi konservasi atau penanaman pohon,” ujarnya.

Dirinya membeberkan, untuk hari ini kurang lebih 50 pohon produktif yang ditanam. Namun Fakultas Pertanian memiliki kontrak kinerja bersama pihak Rektorat Universitas Halu Oleo. Akan menanam 500 bibit pohon di lingkungan kampus sepanjang 2021 ini. “Kita sudah siapkan 750 bibit pohon, diantaranya bibit pohon kehutanan dan bibit pohon buah-buahan. 300 pohon sudah ditanam dan masih berlanjut,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menuturkan, untuk menunjukkan kepedulian Fakultas Pertanian dengan kelestarian lingkungan dan menjaga kesehatan ala. Pihaknya juga mendukung sebuah kelompok pegiat lingkungan di lingkup FP UHO.

“Sudah satu tahun ini FP UHO mengembangkan Eco Enzyme, dikembangkan oleh Sanggar Biokomp Organik FP UHO, yang fokus mengembangkan berbagai macam produk, misalnya pupuk, pestisida, termasuk penjernihan air, dan pembersihan udara. Pembuatannya dari bahan bahan organik,” pungkasnya. (ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top