Nasional

Formasi Guru Mendominasi Dalam Usulan Kuota CPNSD dan PPPK Tahun 2021

KENDARINEWS.COM — Profesi amtenar (pegawai negeri) masih menjadi primadona bagi para pencari kerja. Pemerintah pusat memberi sinyal akan membuka seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah(CPNSD) tahun 2021. Sebagian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Sultra sudah mengusulkan kuota dan formasi ke Kemenpan RB (lihat grafis). Sebagian lagi masih memetakan kebutuhan formasi. Kuota yang diusulkan bervariasi, namun yang mendominasi adalan formasi guru. Disusul formasi tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya. Khusus kuota guru, pemerintah daerah mengusulkan di jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Wakil Gubernur Sultra, Lukman Abunawas mengatakan, formasi CPNS Pemprov Sultra
sudah diusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sultra mengusulkan 499 formasi CPNS 2021. “Kita sudah mengusulkan. Tetapi untuk total kuota dari pemerintah pusat hingga saat ini belum ditetapkan. Jadi kita tunggu saja, yang jelas tahun ini akan ada lagi seleksi CPNS, ” kata Lukman Abunawas kepada Kendari Pos.

Mantan Bupati Konawe dua periode itu mengingatkan bagi masyarakat Sultra yang ingin mengabdi menjadi pamong praja, sebaiknya mempersiapkan diri sejak dini. “Harus lebih intens belajar. Banyak materi seleksi CPNS yang bisa dipelajari melalui aplikasi online, atau membaca buku. Perbanyak latihan soal. Matangkan niat, dan berdoa dan berikhtiar agar bisa menjadi PNS tahun ini,” pesan Lukman Abunawas.

Walaupun kepastian jadwal seleksi CPNSD belum ditetapkan Kemenpan RB, namun persiapan harus dimatangkan lebih dini. Bukan hanya belajar tetapi semua persyaratan berkas disiapkan sematang mungkin. “Upaya ini kita lakukan demi hasil yang maksimal,” pungkas Ketua DPD PDIP Provinsi Sultra itu.

BKD Provinsi Sultra telah mengusulkan 499 formasi CPNS tahun 2021. Usulan itu belum tentu terakomodir seluruhnya oleh pemerintah pusat. BKD masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) terkait seleksi pengadaan CPNS tahun anggaran 2021
dan jadwal seleksi.

Kepala Bidang (Kabid) Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKD Sultra, Kadir mengatakan usulan formasi CPNSD sudah dilakukan sejak akhir tahun 2020 melalui laman Kemenpan RB.
Usulan 499 formasi itu terdiri dari tenaga guru, kesehatan, tenaga teknis dan fungsional umum.

“Saat ini, kita masih menunggu jumlah kuota yang disetujui dan diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemenpan RB. Daerah hanya sebatas mengusulkan formasi tetapi penentunya adalah pemerintah pusat,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Kendari, Susanti mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum mengusulkan formasi CPNSD. BKPSDM masih memetakan kebutuhan formasi diseluruh organisasi perangkat daerah (OPD). “Mudah-mudahan segera rampung (pemetaan) lalu kita usulkan (formasi) sesuai kebutuhan,” kata Susanti kepada Kendari Pos.

Susanti memperkirakan, usulan tahun ini tidak jauh berbeda dari tahun sebelumnya, yakni sekira 100 – 200 formasi. Usulan formasi biasanya didominasi tenaga kesehatan dan guru diikuti tenaga teknis lainnya. “Tenaga medis dan guru masih jadi kebutuhan di daerah ini. Tapi kita belum tahun berapa yang dibutuhkan. Karena saat ini masih dilakukan pemetaan,” ujarnya.

Meski begitu, dia berharap, ke depan Kemenpan RB bisa mengakomodir seluruh usulan yang diajukan Pemkot Kendari sehingga kebutuhan daerah bisa terpenuhi. “Kalau diakomodir kan baik juga untuk meningkatkan pelayanan. Khususnya formasi yang sulit diisi seperti dokter spesialis ahli dalam dan elektromedik,”ungkap Susanti.

Sekadar informasi, Kemenpan RB berencana membuka seleksi penerimaan CPNS tahun ini. Kendati demikian, kemenpan belum menentukan total jumlah ASN yang akan bakal direkrut. Pasalnya kemenpan masih menunggu
pertimbangan teknis semisal alokasi anggaran dan jadwal pelaksanaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). (rah/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top