Fenomena La Nina Diprediksi Terjadi di Konawe, Warga Diimbau Waspada

Konawe

KENDARINEWS.COM — Fenomena alam La Nina diprediksi terjadi di Konawe pada bulan Mei 2021. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah memberi imbauan pada warga akan potensi banjir saat terjadinya La Nina. Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Konawe, Darmawan, membenarkan ihwal peringatan mitigasi yang disampaikan pihak BMKG. Katanya, memasuki bulan Mei, intensitas hujan diprediksi bakal meninggi. Fenomena alam itu bersamaan dengan terjadinya La Nina yang membuat debit air naik hingga 20 persen.

“Kemungkinan terjadi banjir. Itu merata di semua wilayah Konawe. Apalagi, akan terjadinya pula pencairan es di kutub utara,” ujar Darmawan, Senin (15/3). Untuk memberikan informasi kepada masyarakat, pihaknya bakal memasang baliho pemberitahuan kewaspadaan banjir pada beberapa tempat strategis di Konawe.

Terkait kesiapsiagaan di lapangan, pihaknya pun telah menerima instruksi Sekretaris Kabupaten (Sekab) selaku Kepala BPBD ex-officio, agar menginventarisir kekuatan personel maupun logistik dalam menghadapi terjadinya banjir. “Kita juga terus berkoordinasi dengan Dinas Sosial (Dinsos) Konawe. Mereka sudah membentuk Tim Tagana pada beberapa titik lokasi rawan banjir,” tandas Darmawan. (c/adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *