Muna

Ewa Wuna dan Suru Thamere Masuk Nominasi API 2021

Dok. Pustaka Digital Budaya Indonesia

KENDARINEWS.COM– Dua kearifan budaya Kabupaten Muna terpilih sebagai nominator dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2021. Dua kekayaan budaya suku Muna itu ialah Ewa Wuna yang masuk nominasi dalam kategori seni beladiri dan Suru Thamere dalam kategori minuman tradisional. Keikut sertaan tahun ini adalah yang ke-4 kalinya sejak 2018 lalu. Secara berturut-turut Muna menempatkan nominator Gua Liangkabori, Danau Napabale dan Tenun Masalili.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Muna, Amiruddin Ako menyebutkan, terpilihnya Ewa Wuna dan Suru Thamere sebagai nominasi dalam ajang kepariwisataan paling bergengsi tanah air sudah cukup membanggakan daerah. Hal itu menjadi penanda jika kearifan lokal masyarakat Muna memiliki nilai seni yang tinggi dan diakui secara nasional.

“Tidak mudah menjadi salah satu nominasi dalam ajang API itu, karena ratusan suku bangsa dan daerah juga memiliki kearifan tersendiri. Dengan keputusan panitia memilih dua nominasi sekaligus untuk mewakili Muna sudah cukup membanggakan,” terangnya.

Ia menambahkan, baik Ewa Wuna maupun Suru Dhamere merupakan produk budaya masyarakat suku Muna yang masih tetap lestari hingga kini. Ewa Wuna sendiri merupakan seni beladiri tradisional suku Muna yang kerap ditampilkan dalam berbagai acara adat. Tradisi itu cukup berbahaya sehingga dimainkan oleh laki-laki ataupun perempuan yang sudah terlatih. Pasalnya, seni beladiri itu ditampilkan oleh pemain yang dilengkapi dengan senjata tajam seperti parang, badik ataupun tombak api.

“Sekarang pun masih sering ditampilkan, utamanya dalam penyambutan tamu daerah atau acara adat seperti pernikahan,” tuturnya.

Mantan Kabag Humas Setkab Muna itu menambahkan, sedangkan Suru Dhamere yang masuk kategori minuman tradisional ialah olahan kelapa muda yang dihidangkan dengan tambahan gula merah dan es batu. Minuman itu cukup segar dan menyehatkan karena terbuat dari bahan alami. “Kita berharap dua kearifan ini bisa terpilih sebagai pemenang di masing-masing kategori,” paparnya.

Amir menguraikan, masyarakat Muna dan Sulawesi Tenggara dapat berpartisipasi dengan memberi dukungan dalam voting penentuan pemenang. Caranya cukup dengan mengirimkan pesan singkat Short Massage Service (SMS) pada masing-masing nominasi. Diantaranya mengetik API 13B kirim ke 99386 untuk dukungan Ewa Wuna dan API 2F kirim ke 99386 untuk dukungan Suru Thamere. “Kita berharap tahun ini bisa menang. Prestasi terbaik kita adalah saat Gua Liangkabori terpilih sebagai pemenang ketiga pada API 2018 lalu,” pungkasnya. (Ode)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top