Metro Kendari

Enam Dari 12 Perda Prolegda DPRD Kendari Rampung

KENDARINEWS.COM — Tahun ini, Badan Pembentukan Perda DPRD Kota Kendari menargetkan bisa menuntaskan 12 Perda. Sebagai bentuk komitmen, alat kelengkapan DPRD yang dulu bernama Badan Legislasi (Baleg) ini telah menyusun rancangan Program Legislasi Daerah (Prolegda) yang memuat skala prioritas Raperda beserta alasannya pada setiap tahun anggaran.

Ketua Bapemperda DPRD Kota Kendari, Ilham Hamra mengatakan sebanyak 12 Perda yang akan dibahas tahun ini. Sebanyak 10 diantaranya merupakan usulan Pemkot dan dua inisiatif dewan. Dari jumlah itu, enam diantaranya telah ditetapkan menjadi Perda. Sebagai besar rancangan Perda yang diajukan eksekutif katanya, umunya hanya revisi-revisi pembentukan organisasi. Sementera rancangan Perda inisiatif DPRD memang baru. Yakni, Perda Kebun Raya dan Perda RTH (Rumah Tempat Hewan) termasuk tarif masuk dan pemotongan. “Insya Allah, Oktober ini sudah bisa kita paripurnakan,” beber Ilham Hamra, Minggu (20/9)

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan ada beberapa Perda yang diajukan Pemkot yang menjadi prioritasnya. Diantaranya, Perda Rencana Detail Tata Ruang (RDTL) di Teluk Kendari dan perda Kawasan Industri. “Perda-perda yang disebutkan adalah prioritas. Termasuk Perda Kebun. Di mana nantinya kita akan ambil tarif masuk, sama dengan kawasan Pantai Nambo,” ujarnya.

Pada tahun 2019, masih ada beberapa perda yang menjadi usulan, tapi belum dituntaskan. Sehingga kedepanya perda-perda tersebut bakal menjadi prioritas untuk dibahas hingga akhir tahun 2020 nanti. “Kita harap bisa terrealisasi. Karena kita tidak bisa pungkiri bahwa dengan adanya coronavirus disease 2019 (Covid-19), ikut mempengaruhi jumlah perda yang harus ditetapkan. Nanti kita akan koordinasi lagi dengan internal bagian hukum untuk lihat perda inisiatif yang sudah selesai naskah akademiknya,” tutup Ilham. (b/ags)

Prolegda DPRD Kota Kendari
-12 Rancangan Perda
-10 Usulan Pemkot, 2 Inisiatif DPRD
-Insitif Dewan Berupa Perda Kebun Raya dan Perda RTH
-6 Perda Telah Rampung
-Sisanya Masih Pembahasan dan Masih Dijadwalkan
-Insitif DPRD

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top