Empat Kabupaten Bersiap Mulai Vaksinasi Anak


KENDARINEWS.COM — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah memberi izin vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun. Namun di Sultra, program vaksinasi anak belum dimulai. Pasalnya, Pemprov Sultra masih fokus mengejar target vaksinasi 70 persen yang ditargetkan pemerintah pusat.

Kasi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra, Kartina mengatakan vaksinasi anak belum laksanakan. Saat ini, pemerintah tengah mengejar vaksinasi Lansia yang masih rendah termasuk kelompok masyarakat rentan dan umum.

Untuk cakupan vaksinasi terhadap masyarakat rentan dan umum sebenarnya sudah mencapai 68,8 persen untuk dosis satu.
“Namun untuk vaksin dosis dua masih sangat rendah yakni 27,4 persen. “Data ini berdasarkan update per tanggal 5 Januari 2022, dan ini masih terus bertambah,” jelasnya.

Sementara untuk cakupan vaksinasi sasaran lansia, lanjut Kartina masih berada pada angka 52,3 persen untuk dosis satu. Sementara untuk dosis dua berada pada angka 16,6 persen.

“Minimal untuk sasaran lansia ini bisa mencapai 61 persen target kita, baru bisa dilaksanakan vaksin terhadap usia anak 6-11 tahun,” sebutnya.

Meski demikian, sudah ada empat kabupaten yang siap melaksanakan vaksinasi covid-19 untuk usia 6-11 tahun tersebut.

“Kemarin data yang kami dihimpun sudah ada empat yang sudah penuhi syarat untuk vaksinasi anak, yakni Kabupaten Kolaka, Buton Utara (Butur), Konawe Kepulauan (Konkep) dan Wakatobi. Kalau Kolaka infonya, besok (hari ini red) sudah mau laksanakan,” tambahnya.

Pelaksanaan vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun ini kata dia, harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh pemerintah melalui Kemenkes.

“Salah satunya, pelaksanaan vaksinasi itu dilihat dari data kartu keluarga dan NIK-nya serta data yang masuk KPC-PEN secara nasional,” tandasnya. (c/kam)

Cakupan Vaksinasi
Lansia 52,3 Persen
Masyarakat Umum/Rentang 68,8 Persen

Daerah yang Siap Gelar Vaksinasi Anak
-Kolaka
-Buton Utara
-Konawe Kepulauan
-Wakatobi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *