Metro Kendari

Empat Cabang Lomba, 200 Kafilah Unjuk Kemampuan di STQH XXVI Kota Kendari

KENDARINEWS.COM — Hajatan dua tahunan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) XXVI tingkat Kota Kendari resmi dibuka. Selama tiga hari atau tanggal 25-27 Februari, 200 peserta siap bersaing menjadi yang terbaik. Nantinya, para pemenang akan menjadi wakil Kota Kendari pada ajang STQH tingkat provinsi. Pelaksanaan STQH tahun ini tetap menerapkan protokol kesehatan (Prokes) seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak aman (Physical Distancing).

Wali Kota Kendari H. Sulkarnain Kadir mengapresiasi antusias peserta khususnya generasi muda yang ingin berpartisipasi meski di tengah pandemi covid-19. Tak heran, jumlah peserta STQH meningkat dibanding penyelenggaraan tahun 2019 lalu. Bila sebelumnya hanya 136 peserta, kini mencapai 200 peserta. “Ini menunjukkan bukti bahwa, semangat kita, semangat generasi muda kita untuk berkontribusi membangun dan membawa daerah kita menjadi lebih baik itu cukup tinggi. Saya kira ini patut kita apresiasi,” kata Sulkarnain Kadir saat membuka pelaksanaan STQH tingkat Kota Kendari, Kamis (25/2).

Sulkarnain berharap, STQH tidak hanya dijadikan sebagai seremonial belaka. Melainkan juga dijadikan sebagai momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat keislaman dan semangat persatuan umat Islam. Di sisi lain, STQH merupakan ajang positif bagi masyarakat khususnya untuk anak-anak di masa pandemi.Sebab, STQH bisa dijadikan sebagai ajang untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai Al Quran dan Al Hadist. Selain itu, bisa memotivasi generasi muda untuk semakin cinta dengan Al Quran.

“Kalau daerah kita ingin mulia dihadapan Allah SWT termasuk kita masyarakat yang ada di dalamnya ingin mulia dihadapan Allah SWT, maka senantiasa mendekatkan diri dengan Al Quran, mencintai Al Quran, memaknai dan kemudian menghayati termasuk melaksanakan apa yang terkandung di dalamnya,” kata Sulkarnain Kadir.

Pada kesempatan yang sama, Kabag Kesra Pemkot Kendari H Abdul Rauf mengungkapkan pelaksanaan STQH tahun ini digelar pada tiga titik yakni di aula Kantor Kemenag Kendari, MTSN 1 Kendari dan MAN 1 Kendari serta akan disiarkan langsung melalui media sosial resmi (facebook dan youtube) milik Pemkot Kendari dengan kata kunci www.kendarikota.go.id.

Dalam seleksi, pihaknya bakal mempertandingkan empat cabang lomba yakni Cabang Tilawatil Quran (dewasa dan anak-anak), Tafidzul Quran, Tafsir Al Quran Bahasa Arab, dam cabang hafalan hadits, dengan total peserta berjumlah 200 orang, “setiap kecamatan mengusulkan sekitar 20 peserta. Yang juara lomba nantinya akan mewakili Kota Kendari dia jang STQH tingkat provinsi Sultra pada April 2021 mendatang,” ungkap Abdul Rauf. (ags/b)

Empat Cabang Lomba
-Tilawatil Quran (dewasa dan anak-anak)
-Tafidzul Quran
-Tafsir Al Quran Bahasa Arab
-Hafalan Hadits

Peserta 200 Orang (Tiap Kecamatan 20 Utusan)
Pelaksanaan Lomba 25-27 Februari 2021
Terapkan Protokol Kesehatan
Lokasi Lomba
+Aula Kantor Kemenag Kendari
+MTSN 1 Kendari
+MAN 1 Kendari

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top