Edukasi

Ekonomi Pembangunan FEB UHO Raih Akreditasi Unggul

KENDARINEWS.COM — Program Studi (Prodi) Ekonomi Pembangunan (EP) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Halu Oleo (UHO) menjadi prodi pertama di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang mendapatkan Sertifikat Akreditasi “Unggul” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT). Sejak 30 Juni 2021, BAN PT telah menyematkan predikat “Unggul” kepada Prodi EP FEB UHO. Akreditasi unggul tersebut merupakan pengakuan BAN PT tentang kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan oleh Prodi EP. “Salah satu bukti atau jaminan atas pendidikan berkualitas adalah pengakuan dari lembaga eksternal yang sifatnya independen dan memiliki otoritas. Sertifikasi unggul dari BAN PT menunjukkan kualitas Prodi EP dalam menyelenggarakan pendidikan,” ujar Ketua jurusan Ilmu Ekonomi, Dr. Tajudin, S.E., M.Si, Selasa (6/7).

Dekan FEB, Prof. Dr. H. Arifuddin Mas’ud, M.Si., Ak., (tengah) dalam kegiatan penelaahan target kinerja tahun 2021

Dijelaskan, BAN PT menetapkan kategorisasi tingkatan akreditasi perguruan tinggi termasuk di dalamnya program studi. Tingkatan tersebut terdiri dari Unggul, Sangat Baik dan Baik. Peringkat akreditasi Unggul dihasilkan dari penilaian yang lebih komprehensif yang dilakukan BAN-PT dengan menggunakan instrumen APS 4.0 yang berlaku berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi. “Capaian ini tentu sangat prestisius. Menjadikan Prodi EP sebagai yang pertama kali memperolehnya di lingkup UHO dan di lingkup perguruan tinggi se-Sultra. Ini sekaligus memetakan Prodi EP FEB UHO ke dalam kelompok prodi dengan kualitas terbaik yang memberikan manfaat kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama masyarakat, dunia usaha dan industri, mahasiswa, alumni dan pemangku kepentingan utama,” terangnya.

Di tempat yang sama, Dekan FEB, Prof. Dr. H. Arifuddin Mas’ud, M.Si., Ak., CA., ACPA., menyampaikan bahwa akreditasi unggul merupakan apresiasi dari BAN PT yant dimaknai sebagai amanah sekaligus tantangan bagi Prodi EP untuk semakin meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan, sehingga bisa memberi manfaat yang lebih besar bagi negeri ini. Akreditasi unggul juga menjadikan Prodi EP sebagai pilihan yang sangat tepat untuk melanjutkan pendidikan karena memiliki peringkat unggul dalam akreditasi nasional. “Prestasi ini tentu tidak terlepas dari kerja kolektif dari seluruh pihak yang tentunya di bawah arahan dan supervisi dari pimpinan fakultas dan pimpinan jurusan, LPPMP UHO, serta dukungan para dosen dan staf,” pungkasnya. (uli/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Terbaru


To Top