Edukasi

Edukasi Masyarakat, Mahasiswa KKN UHO Gelar Pelatihan Pemasaran UMKM

KEDARINEWS.COM — Baubau menjadi salah kota yang didatangi peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik dari Universitas Halu Oleh (UHO) Kendari. Para peserta KKN berasal dari berbagai jurusan yaitu, pendidikan akuntansi, perikanan, teknologi pertanian, manajemen, teknologi hasil perikanan, matematika, akuntansi, matematika, dan Pendidikan geografi. Dalam kegiatan KKN tematik itu mahasiswa perwakilan dari masing-masing jurusan melakukan pelatihan dan sosialisasi pemasaran produk UMKM berbasis teknologi informasi kepada masyarakat Kelurahan Gonda Baru, Kecamatan Sorawolio, Kota Baubau.


Ketua Tim Pengabdian masyarakat dosen
Nanik Hindaryatiningsih, S.E., M.Si mengatakan dalam giat pelatihan dan sosialisasi pemasaran hasil UMKM dilakukan bersama 15 mahasiswa perwakilan setiap jurusan peserta KKN tematik. Tema yang diusung adalah “Pemasaran digital, Peningkatkan omset produk UMKM, dan peningkatan pendapatan masyarakat dimasa pandemi”. “Pesertanya diikuti oleh 30 masyarakat setempat,” ujarnya saat dikofirmasi Rabu (1/9).

Dalam kegiatan tersebut, selain sebagai ketua tim, istri Seketaris Kota (Sekot) Baubau, Roni Muhtar itu juga didaulat sebagai pemateri bersama rekanya ketua tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dra. Erny Harjaty, M.Hum. Menurutnya saat ini aktivitas ekonomi dan daya beli masyarakat mengalami penurunan bahkan terpuruk akibat pandemic. Beberapa UMKM membuka usaha namun pembeli kurang dan menjadi terbatas karena adanya PPKM dan interaksi yang dibatasi. “Karena itu,maka sudah semestinya teknologi digital menjadi salah satu media yang tepat untuk memastikan orang-orang menjaga jarak namun tetap berinteraksi dan bertransaksi ekonomi. Sehingga bisa tetap kreatif dan produktif,” ucapnya

Lanjutnya, para pelaku UMKM tidak hanya bisa mengandalkan pemasaran lokal masyarakat setempat. Akan tetapi sudah harus mulai mengembangkan pemasaran lebih luas lagi seperti di luar Kota Baubau secara digital. Masyarakat dituntut mahir dan lebih berkreatif dalam memasarkan produk jika ingin usahanya tetap eksis. “Melalui pemasaran berbasis teknologi atau digital marketing diharapkan dapat meningkatkan penjualan produknya. Semoga penyuluhan dan pelatihan pembuatan digital marketing ini ada ilmu yang didapatkan dan dipraktikkan,” ujar Nanik Hindaryati yang juga dosen di FKIP UHO.

Pejabat di LPPM UHO itu menerangkan
bahwa selain melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai kinerja dosen, kegiatan tersebut juga diharapkan memberi manfaat bagi masyarakat Kota Baubau yang sudah banyak memberikan banyak kebaikan dan kesejahteraan. “Semoga kegiatan ini memberi nilai edukasi dan manfaat yang baik untu kemajuan UMKM di Kota Baubau,” ucapnya.

Giat pelatihan dan sosialisasi yang digelar bersama mahasiswa KKN UHO tersebut sejalan dengan nilai-nilai budaya lokal Kota Baubau P05. Yaitu dengan saling peduli dan memberi manfaat antara sesama. Olehnya itu, selain mengenalkan ide-ide bisnis yang dapat dicoba masyarakat Kelurahan Gonda, Nanik Hindaryati juga memberikan tips dalam menghitung harga produk untuk menetapkan harga jual produknya. Juga memberikan edukasi bertransaksi online seiring dengan maraknya kasus penipuan saat ini. “Sudah saatnya masyarakat memanfaatkan pandemi ini sebagai peluang bisnis, produktifitas usaha dan pendapatannya. Artinya Pandemi bukan merupakan kelemahan (Weaknesses), melainkan Kekuatan untuk meningkatkan Imun Tubuh (Strength), sebagai Peluang meningkatkan Usaha (Oppurtunity), dan bukan sebagai Ancaman (Threats),” pungkasnya. (ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top