Hukum & Kriminal

Edarkan Sabu, Napi Asimilasi di Baubau Diciduk Polisi

KENDARINEWS.COM — Satuan Reserse Narkoba (Satresnarkoba) Polres Baubau kembali melakukan penangkapan terhadap pelaku pengedar narkoba jenis sabu. Pelaku adalah inisial ST alias AL (42), seorang pekerja swasta. Terduga pelaku merupakan seorang narapidana (Napi) kasus narkoba yang sedang menjalani masa asimiliasi.

“Pelaku adalah tahanan asimilasi dari Lapas Kelas II A Baubau. Masih dua tahun lagi menjalani masa asimilasi. Dia juga (terduga pelaku) tertangkap dengan kasus yang sama,” kata Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari dalam konferensi pers di aula Mapolres Baubau.

Lanjut Kapolres, ST alias AL merupakan seorang pengedar sekaligus pemakai sabu. Dalam menjalankan aksinya mengedarkan barang haram itu, terduga pelaku menggunakan modus dengan menaruh barang di lokasi tertentu. Setelah itu pemilik atau yang memesan barang haram tetsebut mengambilnya.

“Barang bukti yang diamankan berupa tiga paket bungkusan plastik bening kecil yang bersi butiran kristal yang diduga narkotika jenis sabu. Beratnya sekira 1,14 gram bersama dengan pembungkusnya. Ditambah BB lain berupa dua potong pipet sendok sabu, dua buah HP, dan satu buah korek api,” ungkapnya.

Kronologis penangkapan ST alias AL lanjutnya, bermula saat Satresnarkoba Polres Baubau mendapat informasi dari masyarakat terkait keberadaan tersangka yang dicurigai seorang pengedar. Lalu informasi tersebut ditindak lanjuti, dimana pelaku diketahui bersama teman wanitanya sedang berada di sebuah hotel. “Tepat pukul 19.00 Wita Satresnarkoba melakukan penyergapan. Kemudian melakukan penggeledahan dan di saku celananya ST alias AL ditemukan tiga saset berisi kristal bening yang diduga sabu,” terangnya.

Tidak hanya sampai di situ, polisi lalu bergerak menuju rumah pelaku. Dari situ, polisi menemuka dua buah bungkus saset besar bersis saset kosong yang belum digunakan. Lalu di tong sampah ditemukan bukusan rokok berisi tisu bersama lakban, pipet dan korek. Pelaku mengaku sebagai miliknya dan pelaku langsung dibawa ke Mapolres Baubau.

Saat ini, pelaku sedang menekam di sel tahanan Polres Baubau. Atas perbuatanya ST alias AL dikenakan pasal 114 ayat 1 dan atau pasal 112 sub pasal 127 ayat 1 huruf a Undang-Undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. (b/ahi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top