Wakatobi

Dua Puskesmas di Wangi-Wangi Mulai Beroperasi Juli

KENDARINEWS.COM — Dua Puskesmas di Kecamatan Wangi-Wangi yang sebelumnya diresmikan Bupati Wakatobi, H Arhawi bakal meningkatkan pelayanannya. Dua Puskesmas itu adalah, UPTD Puskesmas Wangi-Wangi dan Puskesmas Waetuno dan akan beroperasi Juli mendatang.

Kadis Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis (kedua kanan/baju tenun putih) saat mendampingi Bupati Wakatobi Arhawi yang menandatangani prasasti dua geudung baru Pusekesmas di Wangi-wangi yang diresmikan

Kepala Dinas Kesehatan Wakatobi, Muliaddin Anis menjelaskan UPTD Puskemas Wangi-Wangi merupakan salah satu Puskemas rawat inap dari delapan Pusekamas yang ada di Wakatobi. Dengan pelayanan kesehatan yang dilengkapi ruang IGD selama 24 jam. “Dengan demikian Puskemas Wangi-Wangi memiliki rata-rata kunjungan yang cukup tinggi kurang lebih 4.000 setiap tahunnya. Sementara untuk Puskesmas Waetuno ini ditingkatkan statusnya menjadi Puskemas dengan rawat inap. Jadi, untuk wilayah Wangi-Wangi sudah punya dua Puskemas rawat inap,” tuturnya.

Wilayah kerja UPTD Puskesmas Wangi-Wangi lanjut Muliaddin yakni dari Desa Pada Raya, Wandoka Raya Waginopo, Tindoi Raya sampai Desa Pookambua. Sementara untuk Puskesmas Waetuno dari Desa Longa, Patuno Raya, Waha Raya sampai dengan Desa Pongo Kecamatan Wangi-Wangi. “Letaknya di tengah-tengah wilayah kerjanya. Sehingga masyarakat juga bisa dengan mudah mengakses Puskesmas tersebut,” tambahnya.

Sekedar diektahui, kedua Puskesmas ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2020 lalu sekira Rp 30 miliar. Dilengkapi sarana dan prasarana hingga rumah dokter dan paramedisnya. Serta ambulans darat dan ambulans laut yang sudah beroperasi. (thy/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top