Metro Kendari

Dua Program Pemprov Dialihkan ke DAK

18 Usulan Pemprov Masuk Pronas 2022

KENDARINEWS.COM — Hasil Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) memberi sinyal positif bagi Pemprov Sultra. Pasalnya, 18 usulan Pemprov diakomodir pemerintah pusat. Tidak hanya itu, usulan itu masuk program nasional (Pronas) 2022. Itu artinya, miliaran dana pusat akan dikucurkan melalui APBN 2022.

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bappeda) Sultra, J. Robert Maturbongs mengatakan sebenarnya ada 30 program yang akan diusulkan dalam rapat koordinasi teknis (Rakortek). Hanya saja, waktu yang diberikan saat presentase terbatas. Makanya, hanya 20 program yang sempat diajukan.

“Alhamdulillah, 20 program usulan masuk bahan pembahasan. Namun hanya 18 usulan yang diterima, sementara dua usulan lainya ditolak, ” jelasnya.

Program yang tak diakomodir kata dia, pengembangan bandar udara (bandara) Matahora, Wakatobi dan Betoambari, Baubau. Namun bukan ditolak, namun dialihkan ke Dana Alokasi Khusus (DAK) sebab ini menjadi kewenangan daerah atau diarahkan pembayarnya melalui mekanisme KPBU, kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha.

“Ada tiga pengembangan dan pembangunan bandara yang kami ajukan. Namun hanya pembangunan bandara Kolaka Utara (Kolut) yang disetujui. Kedua bandara yang ditolak fokusnya pada penambahan landasan pacu. Ini sudah terjadwal hanya kendalanya terkait dengan lahan. Sehingga ini perlu dibahas lebih lanjut,” jelas mantan Sekretaris Bappeda Sultra ini.

Saat ini, 18 program usulan telah ditetapkan. Nantinya, program ini akan dibahas lebih lanjut lagi dalam trilateral meeting antara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Kementerua Keuangan (Kemenkeu) dan kementerian atau lembaga terkait. “Pembahasan ini demi kelancaranya dalam program 2022,” pungkasnya. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top