Hukum & Kriminal

Dua Pemancing di Pulau Wawonii Dinyatakan Hilang

KENDARIPOS.CO.ID — Masyarakat yang ingin beraktivitas di wilayah perairan harus lebih hati-hati. Terutama yang menggunakan longboat. Pastikan semua pelataran pelayaran dalam keadaan layak operasi. Langkah ini tak lain untuk mengantisipasi musibah. Seperti yang terjadi di perairan Barat Laut pulau Wawonii, Konawe Kepulauan (Konkep). Sebuah longboat mengalami mati mesin. Dua penumpangnya dinyatakan hilang.

Kepala Kantor SAR Kendari, Aris Sofingi melalui Humas SAR, Wahyudi mengatakan menerima laporan dari Aswar yang merupakan keluarga korban. Dari informasi yang diterima, dua orang bernama Umar Lakeo (36) dan Darlis (27) tanggal 2 Juni hendak memancing di laut. Namun di tengah laut, longboat yang ditumpangi mengalami mesin.

Tim SAR Kendari bertolak melakukan pencarian sebuah longboat dengan dua orang penumpang yang mengalami mati mesin di perairan Barat Laut Pulau Wawonii, Konawe Kepulauan.

“Kedua korban turun ke laut untuk memancing menggunakan longboat. Beberapa jam setelah memancing di laut, korban menelepon keluarganya bahwa longboat yang mereka gunakan mengalami kerusakan mesin. Korban memancing pada Rabu 2 juni 2021 sekitar pukul 03.00 wita. Dikabarkan, longboat mereka mengalami mesin pada pukul 06.00 wita di sekitar perairan Barat Laut pulau Wawonii,” ungkap Wahyudi, Kamis (3/6).

Usai mendapat laporan dari keluarga korban, tim langsung berangkat ke lokasi kejadian. Tim Rescue Kendari diberangkatkan menuju menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB), memberikan bantuan SAR. Diketahui RIB merupakan, perkembangan evolusioner dari perahu karet dengan dasar kain karet yang diperkuat dengan papan datar di dalam kerah untuk membentuk geladak atau lantai kapal. Jarak lokasi kejadian dengan dermaga utama kawasan timur Kendari lanjutnya, sekitar 22 Mill laut.

“Info dari pelapor, keluarga korban dibantu warga setempat telah melakukan pencairan. Namun tak juga ditemukan. Atas dasar itu, mereka melaporkan ke SAR. Saat menerima laporan, tim resque langsung menuju lokasi. Sampai saat informasi ini diterima, longboat tersebut belum ditemukan,” pungkasnya. (c/ndi)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top