Politik

DPRD Wakatobi Belajar Buat Perda di Kendari

KENDARINEWS.COM — Anggota DPRD Wakatobi menyambangi Sekretariat DPRD Kendari. Kedatangan rombongan legislator Wakatobi yang dipimpin Muh Ali itu bermaksud mempelajari pembuatan peraturan daerah (perda) yang diusulkan DPRD ke Pemkot.

Ketua Komisi II DPRD Kendari Andi Sulolipu mengatakan mereka ingin melihat fungsi DPRD Kendari dalam hal penganggaran pembuatan perda. “Dalam konsultasi itu, kita sampikan bahwa DPRD Kendari sangat ketat dalam menilai, apakah perda itu digunakan untuk kebaikan masyarakat atau tidak, ” ujar Abdi Sulolipu usai menyambut kedatangan DPRD Wakatobi.

Di kesempatan itu, Anggota DPRD Wakatobi Muh Ali, mengakui kedatangannya untuk mempelajari produk perda inisiatif, yang telah memenuhi asas hukum yuridis, sosiologis, untuk diterapkan dalam mengatur kehidupan masyarakat. Sehingga lebih baik dalam memberi kepastian hukum.

“DPRD Kendari sudah melakukan kerjasama dengan pihak ketiga. Misalnya, menggandeng perguruan tinggi yang ada di Kendari dalam penyusunan perda. Sedangkan kami selama ini, masih Kemenkumham yang menyusun perda inisiatif maupun usulan pemda. Kota Kendari dan Pemprov, telah bekerja sama dengan lembaga akademik. Ini yang jadi pembeda,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga berkonsultasi soal perda RT-RW, perda pengembagan perikanan terpadu, perusahaan daerah pasar, dan pengelolaan tambang, “Kami akan memilih mana yang prioritas sesuai keinginan masyarakat,” pungkas Muh Ali. (ags/b)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top