DPR – Kemenag Kebut Pembahasan Ongkos Haji 2022


KENDARINEWS.COM — Belum ada kepastian apakah tahun ini Indonesia bisa mengirim jamaah haji. Tapi pembahasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) sudah dimulai. Sebab pelaksanaan rukun Islam kelima itu tinggal lima bulan lagi.

Dimulainya pembahasan ongkos haji itu diputuskan dalam rapat antara Komisi VIII DPR dengan Kementerian Agama (Kemenag) di Jakarta. Dalam rapat tersebut, Kemenag dipimpin Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa’adi.

Ilustrasi pendaftaran haji. (Dok. JawaPos)

Politikus PPP itu mengatakan, waktu pelaksanaan ibadah haji tinggal lima bulan lagi. Untuk itu pembahasan segala persiapannya harus dikebut. Hingga rapat ditutup, belum disampaikan usul besaran haji dari Kemenag. ”Memang belum ada besaran biaya haji. Nanti diusulkan pada tahap rapat panja BPIH,” kata Zainut, kemarin.

Dia menegaskan, waktu jelang pemberangkatan haji makin terbatas. Perhitungan Kemenag berdasar penyelenggaraan haji dalam situasi normal, jamaah sudah mulai diberangkatkan pada 5 Juni 2022.

Zainut menuturkan, pandemi Covid-19 sampai sekarang belum usai. Bahkan varian Omicron terus merebak. Untuk itu Kemenag tetap melakukan atau menyusun mitigasi risiko pelaksanaan haji di tengah pandemi. (jpg)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.