Muna Barat

DPPKBP3A Mubar Teken MoU dengan Kemenag, Calon Pengantin akan Diberi Pembinan dan Nasehat

KENDARINEWS.COM — Untuk mewujudkan keluarga berkualitas, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Muna Barat (Mubar) turut menjalin kerjasama dengan berbagai instansi. Tidak hanya dengan lembaga yang memiliki tupoksi yang sama seperti Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), namun juga dengan instansi lainnya termasuk Kementerian Agama (Kemenag).

Kerjasama lintas instansi ini tak lain untuk memaksimalkan pelaksanaan program Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana). Sinergitas ini ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kemenag dan PPKBP3A Mubar. Kepala DPPKBP3A Mubar, Hidayat mengatakan kerjasama ini merupakan penjabaran dari program Bangga Kencana. Nantinya, Kemenag akan memberikan pembinaan dan penasehat bagi calon pengantin pada pusat pelaksanaan keluarga sejahtera (PPKS). Makanya, ia menyambut baik kerjasama ini.

“Pasangan yang akan menikah akan bimbingan dan penyuluhan tentang persiapan pernikahan. Hal ini untuk mewujudkan dan menciptakan anak yang berkualitas sehingga ketahanan dan kesejahteraan keluarga terpenuhi. Ini menjadi tahapan pra nikah,” jelas Hidayat. Dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas kata dia, semuanya harus terencana. Tidak hanya finansial, namun juga mental setiap pasangan. Untuk itulah, pasangan yang akan menikah harus memahami tujuan berumah tangga. Dengan begitu, mereka bisa lebih mempersiapkan diri.

“Calon pengantin perlu mendapatkan pengetahuan tentang cara mewujudkan kesadaran bersama. Jadi, bukan hanya modal cinta semata. Namun bagimana mewujudkan keluarga sehat dan berkualitas dan mampu mengatasi berbagai tantangan kehidupan global yang semakin berat,” jelasnya. Untuk mendukung program ini, pihaknya telah menyiapkan fasilitas gedung. Selain itu, pihaknya akan mengerahkan tenaga penyuluh Keluarga Berencana. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top