Metro Kendari

Dorong Produktivitas Warga, Pemkot Kendari Salurkan Bantuan Benih dan Pakan Ikan

KENDARINEWS.COM — Perhatian Pemkot Kendari terhadap kelompok budidaya ikan tawar cukup besar. Tidak hanya memfasilitasi pemberian Bantuan Sarana Produksi Usaha Nelayan (BSPUN) dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Pemkot turut menyalurkan benih dan pakan ikan. Bantuan ini diharapkan menjadi stimulus warga di masa pandemi

Wali Kota Kendari, H Sulkarnan Kadir mengungkapkan tidak sedikit masyarakat yang mengalami kesulitan di masa pandemi. Mulai dari kesulitan memenuhi kebutuhan hidup hingga banyak yang kehilangan pekerjaan akibat pemutusan hubungan kerja (PHK) dan dirumahkan.

Oleh karena itu, program benih ikan air tawar yang dihadirkan pihaknya tahun ini bisa membantu seluruh masyarakat Kota Kendari, “Saya sudah instruksikan Dinas Kelautan untuk menyiapkan itu. Mudah-mudahan upaya kita ini setidaknya bisa mengobati kerinduan warga yang masih ingin bekerja namun terkendala cobaan ini,” kata Sulkarnain Kadir.

Terpisah, Kepala Dinas Perikanan Kendari, Imran Ismail mengungkapkan telah menyiapkankan benih ikan dengan jumlah tidak terbatas melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Benih Ikan Air Tawar (BBIAT) Kendari. Olehnya itu, dia mengimbau masyarakat yang ingin berbudidaya ikan air tawar untuk segera mengajukan permohonan bantuanya melalui penyuluh perikanan terdekat.

“Syaratnya mereka harus bergabung dalam kelompok nelayan atau membentuk kelompok nelayan. Dalam satu kelompok anggotanya maksimal 10 orang. Selanjutnya mereka membuat proposal dengan meminta pendampingan penyuluh perikanan kami yang ada disetiap kecamatan. Setelah itu diajukan ke kami untuk kemudian kami berikan benihnya. Satu kelompok akan mendapatkan 200 sampai 400 benih,” kata Imran. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top