Metro Kendari

Dorong Produktivitas Pertanian, Sulkarnain Siap Distribusi 350 Ton Pupuk Subsidi

KENDARINEWS.COM — Meski masuk wilayah perkotaan, Pemkot Kendari tetap memberi perhatian terhadap sektor pertanian. Apalagi Kota Kendari memiliki lahan persawahan dan pembudidayaan komoditas pertanian. Sebagai bentuk dukungan, Pemkot telah menyiapkan sekira 350 ton pupuk bersubsidi untuk para pahlawan pangan di Kota Lulo.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan akan terus mendorong peningkatkan produktifitas petani di masa pandemi corona. Makanya, penyediaan pupuk bersubsidi penting untuk direalisasikan. Itu untuk memenuhi kebutuhan petani dan menjamin keterjangkauannya.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir (pakai topi caping) mencoba mengendarai traktor di persawahan Amohalo. Tidak hanya peralatan mesin pertanian, pemerintah turut menyalurkan pupuk bersubsidi guna mendorong produktifitas petani.

“Mudah-mudahan dengan adanya bantuan pupuk dari pemerintah, para petani kita bisa semakin semangat untuk menggarap lahan pertaniannya. Di sisi lain, bisa meningkat hasil panennya, sehingga bisa mendongkrak ekomoni para petani,” kata Sulkarnain Kadir, kemarin.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kendari mengatakan, bantuan pupuk subsidi berasal dari hasil kerja sama antara Pemkot Kendari dengan Kementerian Pertanian (Kementan). Bantuan tersebut lanjut dia, diperuntukkan bagi petani yang telah memiliki kartu tani.

Saat ini belum banyak petani di Kota Lulo yang belum memiliki kartu tani. Pasalnya berdasarkan data pihaknya, jumlah petani yang sudah memiliki kartu tani baru 1.832 orang dari sekira 11 ribu petani di Kota Lulo.

“Kami upayakan seluruh petani memiliki kartu tani sehingga bisa mendapatkan subsidi ketika membeli pupuk didistributor. Kepemilikan kartu tani juga penting untuk mendapatka berbagai bantuan dari pemerintah. Saat ini kami dibantu penyuluh pertanian sedang mendata para petani yang belum punya kartu tani,” kata Sitti Ganef. (b/ags)

Peningkatan Produktifitas
-Salurkan 350 Ton Pupuk Bersubsidi
-Bantu Alsintan, Benih dan Pendampingan
-Mudahkan Bantuan dengan Membentuk Kelompok Tani
-Pendataan Petani (Baru 1.832 yang Kantongi Kartu Tani)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top