Muna Barat

DKP Mubar Bantu Nelayan Pesisir


KENDARINEWS.COM — Sejumlah peralatan tangkap bagi para nelayan diadakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) dalam mendukung produksi perikanan di daerah itu. Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Mubar, H. Djono, merinci, pihaknya akan medistribusikan 16 sampan fiber berkapasitas di bawah 3 GT bagi 16 kelompok nelayan di daerah pesisir pantai. Bantuan kapal penangkan ikan tersebut diprioritaskan untuk nelayan tradisional yang belum memiliki sarana pendukung. “Tiap kelompok berjumlah lima orang nelayan,” jelas H. Jono, kemarin.

H. Djono

Selain itu, pihak DKP juga melengkapi alat transportasi laut tersebut dengan jaket pelampung, fishfinder (alat pendeteksi ikan) dan lampu air garam, termasuk jaring ikan. Semua pengadaan dibiayai melalui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp 1 miliar.

Bantuan lain yang akan didistribusi adalah pengadaan alat tangkap bubu. Menurut Djono, bubu cukup familiar digunakan masyarakat pesisir untuk menangkap ikan-ikan karang di dasar perairan. “Alat tangkap jenis bubu ini masih digunakan nelayan kecil yang tinggal di pesisir pantai Mubar. Makanya kami berikan ke masing-masing kelompok dalam jumlah berbeda. Anggarannya dari dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp 900 juta. Termasuk untuk mengadakan alat tangkap skala kecil sepeti sero, bubu ikan bagang dan gilnet (alat tangkap jaring insang),” tandas Djono. (c/yaf)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top