Metro Kendari

Ditlantas Polda Sultra Persiapkan Operasi Lilin 2020

KENDARINEWS.COM — Memasuki liburan Natal dan Tahun Baru 2021, Polda Sultra akan melakukan pengamanan yang dikenal dengan nama sandi, Operasi Lilin 2020. Demi mematangkan operasi itu, Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra masih sementara melakukan pemetaan untuk wilayah rawan kecelakaan, black spot dan titik rawan kemacetan.

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra, Kombes Pol Faizal

Direktur Direktorat Lalu Lintas Polda Sultra, Kombes Pol Faizal mengatakan persiapan Operasi lilin kali ini hampir sama dengan tahun lalu. Namun karena kondisi masih di tengah pandemi Covid-19, pihaknya akan lebih mengedepankan cara cara persuasif dan preventif.

Dalam operasi lilin kemungkinan tidak ada penindakan. Namun pihaknya tetap masih menunggu instruksi pimpinan. Lalu sistemnya ada hunting system dan system stasioner. “Rencananya, Operasi Lilin 2020 dilakukan selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021. Operasi ini juga dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif,” ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih akan berkoordinasi secara eksternal dan internal bersama semua instansi dan stakeholder yang terlibat. Nantinya akan diputuskan tentang pengamanan saat Operasi Lilin 2020 nanti. Yang sasarannya adalah tempat-tempat ibadah yang digunakan untuk perayaan Natal. Selain itu, tempat-tempat wisata, karena perayaaan Natal dan Tahun Baru 2020 berdekatan dengan hari libur panjang.

“Titik titik yang rencananya kita petakan adalah titik rawan kecelakaan lalu lintas, black spot, dan titik rawan kemacetan. Untuk sekarang masih proses pemetaan. Wilayah yang menjadi perhatian dalam operasi lilin yakni pusat perbelanjaan, tempat wisata, dan tempat ibadah. Itupun temporer, artinya jika ada libur panjang baru macet, jadi tidak harus kita antisipasi selamanya, hanya waktu tertentu saja,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Polres, Polsek, Dinas Perhubungan, dan lain-lain, utamanya di jalur-jalur yang rawan kecelakaan. “Rencananya Polda Sultra akan siap berjaga dan mengawasi lalu lintas serta kondusifitas lingkungan sekitar. Bisa jadi ada berapa titik yang dilakukan pos pengamanan, berapa anggota harus digelar di sana maupun pos pelayanan terpadu,” pungkasnya. (b/ndi)

Operasi Lilin
Kedepan Cara Persuasif dan Preventif
Terapkan Hunting dan Stasioner System
Tanggal 21 Desember 2020 Hingga 4 Januari 2021

Persiapan
Petakan Wilayah Rawan Kecelakaan, Black Spot dan Titik Rawan Kemacetan.
Pusat Perbelanjaan, Tempat Wisata dan Rumah Ibadah Jadi Perhatian
Koordinasi dengan Jajaran Polres, Dishub dan Instansi Terkait Lainnya

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top