Distan Konsel Pacu Ekonomi Petani

Konawe Selatan

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) melalui Dinas Pertanian (Distan) memaksimalkan potensi pengelolaan padi sawah di wilayah tersebut. Langkah itu dalam upaya mendorong ekonomi masyarakat petani agar kian meningkat. Dinas terkait bersama Pemerintah Pusat telah menyiapkan sejumlah sarana dan prasarana, mulai dari menjamin ketersediaan pupuk dan pengadaan sejumlah alat mesin pertanian (Alsintan).

Kepala Distan Konsel, Hidayatullah, mengatakan, potensi pertanian padi sawah di wilayah tersebut cukup besar. Itu bisa dilihat dari hasil panen raya di Desa Cialam Jaya, Kecamatan Konda beberapa waktu lalu. Kata pria yang akrab disapa Dayat ini, dalam setahun, produksi petani Konsel bisa mencapai nominal Rp 20 miliar. “Usai kunjungan Mentan di Cialam Jaya, petani kita mendapat apresiasi dari Pak Menteri. Karena dari presentase masyarakat petani di wilayah itu, dalam setahun bisa mencapai hasil maksimal puluhan miliar rupiah,” katanya.

Dengan hasil tersebut, mantan Kepala DPM-PTSP Konsel itu berjanji akan terus memaksimalkan peran dan sumber daya kelompok tani yang ada di Konsel. “Bukan hanya di Cialam Jaya, tapi semua kelompok tani di Konsel kita akan terus dorong dalam peningkatan produksi. Semua lahan tidur harus lebih dimaksimalkan lagi. Dengan demikian ekonomi masyarakat petani bisa terus meningkat,” imbuhnya. Sebagai perpanjangan tangan Kementerian Pertanian, tiap tahunnya bantuan Alsintan disuplai ke kelompok tani. Termasuk pupuk dan kebutuhan petani lainnya. (c/kam)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *