Ekonomi & Bisnis

Disperindag Fokus Tingkatkan Ekspor di Sultra

KENDARINEWS.COM –Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus mendorong peningkatan ekspor di Bumi Anoa. Hal itu terungkap dalam dialog pagi di Kendari Pos Channel Rabu (2/6)

Kepala Disperindag Sultra, Hj Siti Saleha, SE., M.si mengatakan, upaya itu diwujudkan melalui optimalisasi pelabuhan ekspor serta pembentukan klinik ekspor.

Pihaknya juga telah melakukan pendampingan bagaimana pelaksanaan ekspor dan bagaimana memperoleh dana untuk usaha itu. “Upaya itu kami lakukan dengan membuka klinik ekspor dan bekerjasama dengan beberapa instansi terkait baik itu Bea cukai, karantina pelabuhan dan sebagainya, ” katanya.

Langkah lainya yang telah dilakukan Pemprov Sultra, kata dia, dengan membuat roadmap untuk memudahkan para pengusaha yang bergerak dibidang ekspor khususnya yang ada di kabupaten dan kota.

“Saat ini kita terus mendorong para pengusaha bukan saja bergerak dibidang infrastruktur, tapi bagaimana mereka mendorong sektor ekspor. Sebagai upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi. Sehingga dengan optimalisasi ekspor kita bisa menjadi daerah yang dapat bersaing dengan daerah lain, “harapnya.

Saat ini pertumbuhan ekonomi di Sultra menunjukkan trand positif dimana sektor ekspor lebih dominan. Pertumbuhan tertinggi pada ekspor barang dan jasa yang tumbuh sebesar 75,33 persen.(Rah).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top