Bombana

Dispar Bombana Kembangkan Enam Destinasi Unggulan


KENDARINEWS.COM — Sebagai salah satu daerah di Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Kabupaten Bombana memiliki banyak potensi alam yang menarik untuk dikembangkan. Destinasi wisatanya yang beragam, mulai dari keindahan bahari, air terjun, hingga keramahtamahan penduduknya menjadi daya tarik tersendiri. Menyadari potensi besar tersebut, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pariwisata Bombana, terus melakukan berbagai upaya memperkenalkan destinasi wisata yang dimiliki, mulai dari kancah nasional maupun internasional dengan menetapkan “Top Six” destinasi wisata unggulan di otorita kendali Bupati, H. Tafdil tersebut.

Janariah

Kepala Dinas Pariwisata Bombana, Janariah, mengatakan, enam destinasi unggulan tersebut adalah Desa Wisata Tangkeno yang berada di Pulau Kabaena, Pulau Damalawa di Kabaena Timur, Pulau Sagori, Danau Laponu-ponu, Pulau Kondo dan Wisata Air Panas di Desa Tahi Ite. “Masing-masing tempat wisata ini memiliki keunggulan yang berbeda. Seperti di Desa Wisata Teangkeno memiliki keindahan alam yang bisa dinikmati dari ketinggian dengan panorama lautnya indah, budaya yang menarik hingga daerah tersebut juga bisa dijadikan sebagai tempat wisata edukasi bagi para pelajar,” terangnya, Rabu (18/11).

Ia mengaku, pengembangan enam destinasi wisata tersebut dilakukan bertahap sejak beberapa tahun belakangan ini. Baik menggunakan pembiayaan daerah maupun anggaran pusat. Bahkan pihaknya terus melakukan berbagai upah agar enam destinasi unggulan ini benar-benar siap baik dari segi sumber daya pemandu wisatanya hingga kuliner. “Tujuan kita mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berwisata di Bombana. Untuk itu, harus ditunjang dengan berbagai macam sarana prasarana. Bukan hanya keindahan alamnya saja,” tuturnya.

Diakui Janariah, potensi wisata yang ada di Kabupaten Bombana ini cukup beragam. Ada sekitar 100 tempat wisata yang memiliki potensi untuk menjadi destinasi unggulan. “Namun saat ini kita fokus dulu melakukan pengembangan pada enam destinasi unggulan ini. Sebab anggaran daerah juga kan dibagi-bagi bukan hanya berfokus pada pengembangan pariwisata saja. Enam objek wisata ini sudah banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun dari luar daerah. Target kita kedepannya, enam kawasan wisata ini dapat menarik minat pelancong mancanegara,” harapnya. (c/idh)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top