Metro Kendari

Diskominfo Sultra Matangkan Layanan Satu Data

KENDARINEWS.COM — Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Sultra terus mematangkan aplikasi layanan satu data. Meski baru akan diterapkan tahun 2021 mendatang, beberapa layanan bakal diluncurkan akhir tahun ini. Salah satunya layanan satu data di Dinas Kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Sultra.

Kepala Diskominfo Sultra, Ridwan Badallah mengatakan program aplikasi yang digagasnya bersama Disdukcapil merupakan sebuah konsep umum guna membangun sebuah konsep satu data, satu informasi dan satu pelayanan. Terobosan ini tak lain untuk mewujudkan dengan visi misi gubernur. Yang mana, membangun pemerintahan modern, good flash goverment dan memberikan pelayanan ke tingkat desa, kelurahan dan kecamatan secara modern. “Jadi program ini sebetulnya dari masyarakat dan untuk masyarakat. Fungsinya adalah untuk mempermudah masyarakat melakukan transaksi baik dalam bentuk informasi, transaksi dalam kebutuhan pelayanan dan dalam bentuk kebutuhan data,” kata Ridwan Badallah.

Aplikasi ini sambungnya, akan memudahkan masyarakat. Hanya dengan sekali “klik”, data tersebut akan langsung ada dalam menu aplikasi. “Jadi ada aplikasi besarnya. Hari ini, kita masih sebut Kominko. Ke depan bisa berubah sebab disesuaikan dengan kebutuhan. Insya Allah, akhir tahun ini ada beberpa aplikasi yang kita lluncurka. Jadi ini, program ini masih termasuk dalam konsep Smart City,” tuturnya. Pengembangan aplikasi, bukan sekedar teori.Namun harus disesuaikan dengan kebutuhan pemerintah dan masyarakat. Sebagai upaya percepatan pelayanan, pemberian informasi serta data. (c/rah)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top