Metro Kendari

Diskominfo Kendari Dorong Pemanfaatan IT

KENDARINEWS.COM — Peran Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Kendari di masa pandemi Covid-19 saat ini patut diapresiasi. Selama pandemi Diskominfo berhasil memberikan informasi dan edukasi terkait kebijakan pemerintah dalam upaya pencegahan dan penanganan wabah Covid-19. Mulai dari update perkembangan wabah, menghadirkan aplikasi aduan, hingga sosialisasi penegakan disiplin prokes dan vaksin.

Jumiati Abdullah

Sekretaris Diskominfo Kota Kendari, Jumiati Abdullah mengatakan akan terus mensosialisasikan Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 47 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19. Penegakan perwali tersebut, dilakukan dengan metode pemanfaatan media digital atau elektronik serta sosialisasi dalam bentuk operasi yustisi untuk mencegah penularan.

“Upaya ini penting dilakukan agar masyarakat bisa paham dan mengerti soal dampak yang ditimbulkan dari Covid-19. Sehingga diharapkan masyarakat mengambil langkah-langkah pencegahan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak (Physical Distancing),” kata Jumiati dalam webinar bersama Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), kemarin.

Selain itu, pihaknya berupaya meminimalisir informasi hoax marak terjadi selama masa pandemi ini. Adapun upaya yang dilakukan yakni dengan memaksimalkan penggunaan media internet dalam penyebaran informasi kepada masyarakat. “Untuk memberikan informasi yang tepat tentang informasi, Kominfo Kendari memberikan layanan informasi secara live dan terjadwal setiap hari serta memaksimalkan wadah media sosial (Medsos) dalam memberikan informasi kepada masyarakat,” kata Jumiati.

Untuk memaksimalkan pendistribusian bantuan bagi masyarakat yang terdampak langsung atau tidak langsung akibat pandemi ini, pihaknya juga meluncurkan aplikasi bansos yang dapat diakses melalui link https://bantuan.kendarikota.go.id/. “Kami juga telah meluncurkan Aplikasi Cov-Heroes dalam bentuk gelang tangan, sebagai upaya memonitoring pergerakan masyarakat yang terpapar virus atau dalam masa karantina,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang e-Goverment Diskominfo Kota Kendari Wawan Astanto menerangkan, pelayanan selama pandemi semata-mata dilakukan untuk memberikan layanan informasi publik. “Kami menyediakan Website http://kendarikota.go.id untuk menyajikan dan memberikan informasi tentang kota kendari serta info Covid – 19 setiap harinya. Masyarakat bisa akses langsung via website dan medsos kendarikota.go.id,” terangnya

Selain menghadirkan website lanjut Wawan, terdapat aplikasi teknologi informasi untuk memudahkan pelayanan publik di masa pandemi ini. Seperti Aplikasi e- SPPD, layanan persuratan antar kelurahan dan kecamatan (LAIKA), layanan persuratan antar OPD (SIMPER), layanan untuk mempermudah administrasi (Aplikasi JARI), serta Lapor Span untuk mempermudah aspirasi dan aduan masyarakat.

“Kami gencar melakukan sosialisasi ini agar masyarakat tidak mudah percaya dengan informasi yang tidak jelas asalnya. Kami sudah mendirikan media center sebagai pusat resmi informasi pemerintah, khususnya informasi perkembangan Covid-19. Saya sarankan masyarakat bisa memperoleh informasinya melalui media center resmi penanganan Covid-19,” pungkasnya. (b/ags)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top