Wakatobi

Disdukcapil Wakatobi Tak Terbitkan Suket


KENDARINEWS.COM — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Wakatobi terus melakukan pelayanan untuk meningkatkan jumlah perekaman kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Tidak mengeluarkan surat keterangan (Suket) pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Wakatobi tahun 2020 ini, menjadi target yang diupayakan bisa dicapai. Untuk memenuhi ini, pihak instansi tersebut melakukan pelayanan pada tiga pulau yang ada.

Abdul Rahim

Kepala Disdukcapil Wakatobi, Abdul Rahim, mengatakan, selain membuka pelayanan perekaman KTP-el, masyarakat juga bisa mengurus berbagai dokumen selama pelayanan di tiga pulau tersebut dibuka. Seperti, pengurusan dokumen pindah domisili, membuat akta kelahiran, akta kematian hingga pembuatan kartu keluarga (KK).

“Kami buka semua pelayanannya. Dari Pulau Binongko, sekarang sudah melakukan pelayanan di Kaledupa. Empat hari pelayanan di buka pada masing-masing pulau. Kalau yang merekam KTP-el lumayan banyak. Rata-rata Lansia dan pemula,” ungkapnya, kemarin. Bahkan untuk dua pulau saja kata Rahim, sekitar 2.000 dokumen yang diurus. “Itu sudah termasuk yang merekam KTP-el serta dokumen-dokumen penting lainnya. Kita target mudah-mudahan tidak ada suket pada Pilkada Wakatobi tahun ini,” harapnya.

Setiap pulau kata Rahim ada sembilan staf yang bertugas dari pagi hingga malam hari. Banyak masyarakat setempat yang berbondong-bondong menuju Kantor Kecamatan guna mendapatkan pelayanan tersebut. “Kalau masih ada sisa anggaran, kami rencana turun lagi untuk membuka pelayanan. Supaya masyarakat kita yang dari Kaledupa, Tomia dan Binongko, tidak ke ibu kota kabupaten (Wangi-Wangi) untuk mengurus dokumennya. Nanti kita lihat anggaran kalau masih ada kita upayakan turun jemput bola lagi,” janjinya. (c/thy)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terbaru Lainnya

To Top