Kolaka Utara

Disdukcapil Kolut Sudah Terbitkan 95 Akta Kematian Warga

KENDARINEWS.COM — Sepanjang Ramadan ini, masyarakat Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yang ingin mendapatkan penerbitan akta kematian di Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) dipastikan terlayani. Sejak Januari hingga April 2021 ini, sudah ada sebanyak 95 warga yang meninggal dunia mendapat keterangan dan dokumen kematian. Kadisdukcapil Kolut, Buhari merinci, akta kematian yang diterbitkan periode Januari hingga saat ini berjumlah 95 orang. Rinciannya, Januari 19 orang, Februari 25 orang, Maret 37 orang dan April hingga Selasa (27/4) ada 14 orang.

Buhari menyosialisasikan pentingnya dokumen itu karena banyak masyarakat yang belum mengetahui manfaatnya dan terkadang setelah keluarganya telah berpulang, tidak ada yang terpikirkan untuk menguruskan akta tersebut. “Rata-rata keluarganya datang mengurus saat dihadapkan soal warisan, pensiun hingga klaim asuransi,” ujarnya, Selasa (27/4).

Jika telah tercatat secara resmi oleh negara, baik data kependudukan, nomor induk kependudukan (NIK) termasuk kartu keluarga (KK), maka akan terhapus dan diterbitkan KK baru. Bagaimana jika tidak diketahui keberadaannya dan dimungkinkan meninggal, Buhari mengatakan pencatatan kematian bisa dilakukan jika telah ada penetapan pengadilan. Jikalau pun ada seseorang yang meninggal namun tanpa identitas, pencatatan kematian akan berpatokan pada keterangan dari pihak kepolisian.

Bagi para janda maupun duda yang notebene Pegawai Negeri Sipil (PNS), dianjurkan mengurus akta kematian untuk kepentingan saat pensiun bagi ahli warisnya. “Pemerintah juga butuh data ini untuk kebutuhan statistik, laporan angka harapan dan juga berkaitan dengan penetapan kebijakan pembangunan yang akan dilakukan,” papar mantan Kadis Infokom Kolut tersebut. Disdukcapil Kolut disampaikan masih memberikan pelayanan kepengurusan bagi warga setiap hari mulai pukul 08.00-15.00 Wita. “Kantor kami juga tetap terbuka Sabtu-Minggu mulai pukul 09.00-14.00 Wita. Kami melayani setiap hari untuk masyarakat,” pungkas Buhari. (c/rus)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top