Buton Utara

Disdukcapil Butur Terapkan Pelayanan Ekstra


KENDARINEWS.COM — Gelombang masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan jelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) pada 9 Desember terus meningkat. Pihak Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Diskdukcapil) Kabupaten Buton Utara (Butur) bahkan harus menerapkan pelayanan ekstra dalam pengurusan kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) selama pandemi Covid-19 dengan mematuhi protokol kesehatan, mengenakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Asri

“Bahkan dihari libur cuti bersama, staf Disdukcapil tetap melayani masyarakat yang hendak mengurus dokumen kependudukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Jelang Pilkada, kami memang menerapkan pelayanan ekstra. Jika stok blangko KTP habis, warga diberikan surat keterangan (Suket) sementara,” ujar Kadisdukcapil Butur, Asri, saat ditemui di ruang kerjanya, kemarin.

Ia menambahkan, kesadaran masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan terus meningkat. Hanya saja, masih ada warga belum sepenuhnya mematuhi protokol kesehatan terutama dalam menggunakan masker. “Jika tak menggunakan masker, kami tak layani demi keselamatan bersama dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19,” tegas mantan Kepala SMAN 1 Kulisusu Butur itu

Pihaknya mencoba bermohon ke Satgas Covid-19 untuk mendapatkan bantuan masker dan dari provinsi melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah, namun sampai saat ini belum ada.
Untuk menyiasati, apabila terjadi kerumunan orang, pihaknya telah menyiapkan nomor antrean serta petugas loket yang mengatur dalam pelayanan tersebut. Juga disiapkan tempat cuci tangan. “Kami melayani warga adan kewajiban yang dilayani adalah, harus mengikuti protokol kesehatan,” tandasnya. (c/had)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top